Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Umbulharjo Edukasi Panitia Mantenan

Menindak lanjuti surat yang masuk terkait dengan adanya rencana kegiatan pernikahan salah satu warga di Kelurahan Warungboto, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kecamatan Umbulharjo mendatangi lokasi rencana pernikahan tersebut, Kamis (24/09/2020).  Tim gugus tugas yang terdiri dari Petugas Trantibum & BKO Pol PP Kecamatan Umbulharjo bersama Lurah Warungboto datang ke lokasi dan klarifikasi rencana pernikahan di RT 30 RW 07 Warungboto. Dilokasi rombongan bertemu dengan penanggung jawab kegiatan pernikahan yaitu Wahyudi dan Drs Muhtar Hadi MM.

Didapatkan keterangan dari Drs Muhtar Hadi MM selaku Ketua RW 07, bahwa kegiatan pernikahan akan digelar di halaman rumahnya yang cukup luas dengan standar protokol kesehatan yang cukup ketat yaitu penyediaan cuci tangan/handsanitiser, pengukuran suhu, wajib masker, jaga jarak dengan pengantin/tamu, dan penyediaan hidangan makan yang tidak dimakan secara prasmanan namun dibawa pulang dengan dos yang sudah disediakan panitia.

Ditambahkan oleh Drs Muhtar Hadi MM, bahwa dalam undangan yang disebar hanya 45 lembar dengan asumsi 90 orang tamu yang akan bergiliran masukknya dan dalam undangan juga sudah disebutkan untuk datang tepat waktu, tidak membawa serta anak-anak dan memakai masker.

Pada akhir pertemuan, Perwakilan Tim Gugus Tugas, Joko Saptono, menambahkan untuk panitia sebaiknya juga membuat surat pemberitahuan dan ijin keramaian ke Polsek setempat. Disamping itu juga diingatkan agar panitia mencatat data tamu yang hadir baik secara manual dituliskan petugas atau dapat melalui digital QR Code yang bisa dipasang didepan tempat pelaksanaan karena hal ini cukup penting untuk keperluan tracing asal usul pandemi apabila nantinya terjadi klaster pada kegiatan pernikahan tersebut.