Lurah Warungboto Mengingatkan Ancaman Penularan Covid 19 Yang Agak Meningkat Trendnya

 
Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kecamatan Umbulharjo menindak lanjuti surat masuk dari warga masyarakat yang akan melaksanakan hajatan pernikahan di RT 34 RW 08 Kelurahan Warungboto, Selasa (13/10/2020). Di lapangan kehadiran Tim Gugus Tugas yang terdiri dari Trantib & BKO Pol PP Kecamatan Umbulharjo, Lurah & Kasi Trantib Warungboto dan Babinkamtibmas Kelurahan Warungboto diterima langsung oleh Ngadi Widodo selaku penanggungjawab kegiatan pernikahan.


Dijelaskan oleh Ngadi Widodo, hajatan pernikahan ini mengutamakan prinsip protocol kesehatan 3 M yaitu mencuci tangan, memakai masker & menjaga jarak serta jauh hari pihak penyelenggara melibatkan gugus tugas covid 19 tingkat RT 34 RW 08 yang telah terbentuk. Penyelenggara akan mengundang 120 warga kampung yang terbagi dalam 3 shift waktu yang berbeda dimana setiap shiftnya nanti akan ada jeda waktu untuk penyemprotan desinfektan area.


Pada kesempatan itu, Lurah Warungboto, Muhammad Agus Supratikno, S.Sos., M.M., memberikan arahan bahwa pihak keluarga penyelenggara pernikahan hendaknya menggandeng gugus tugas covid 19 tingkat RT 34 yang telah terbentuk beberapa waktu yang lalu dan telah terbukti eksistensinya dalam membantu pencegahan penularan covid 19. Diingatkan pula tentang pemetaan ancaman penularan covid 19 di wilayah warungboto yang agak meningkat trendnya, sehingga pihak keluarga selaku penyelenggara pernikahan harus ekstra disiplin dan tegas dalam melaksanakan protocol kesehatan tersebut.
Muhammad Agus Supratikno, S.Sos., M.M., menambahkan dengan melihat selama ini hubungan kemasyarakatan yang baik di wilayah RT 34 RW 08 ini, maka yakin pelaksanaan kegiatan yang mengundang orang banyak seperti hajatan pernikahan ini akan dapat terlaksana dengan baik & lancer serta tidak berdampak menjadi kluster baru penularan covid 19.


Arahan yang lain dari Kasi Pemerintahan Trantibum Kecamatan Umbulharjo, Joko Saptono, yaitu memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada pihak keluarga selaku penyelenggara yang mau berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kecamatan Umbulharjo, hal ini sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penularan corona virus disease 19 (covid 19) mengingat di kecamatan umbulharjo pernah terjadi kluster covid 19 yang cukup besar jumlah penderita positif covidnya. Dinformasikan pula pada warga masyarakat yang memiliki rencana kegiatan yang sifatnya mengundang orang banyak atau kerumunan massa seperti pernikahan, wisuda, rapat-rapat, dll dapat segera berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kecamatan Umbulharjo dalam hal penerapan protocol kesehatan pada kegiatan tersebut.  

Penulis/Foto : Joko Saptono, SIP, MM  ( Kasie Pemerintahan dan Trantibum Kecamatan Umbulharjo )