Pertemuan Penyuluhan Program KKBPK Kecamatan Umbulharjo

Bertempat di Pendopo Kecamatan Umbulhajo, Selasa 13 Oktober 2020 di gelar acara Pertemuan Penyuluhan Program KKBPK Kecamatan umbulharjo yang di hadiri oleh Kader BKB, Kader BKL, Kader BKR, PPKBD, PKB se Kecamatan Umbulharjo. 

 

Kegiatan di tersebut di mulai pada pukul 09.00 dan di bagi dalam 2 sesi, Pada sesi pertama disampaikan oleh Anggraini Wulandari Widya Iswara Perwakilan BKKBN DIY, Program KKBPK di rebranding  menjadi   Program Bangga Kencana ( Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencanan dan Kependudukan ) 8 Fungsi Keluarga adalah Fungsi Agama, Fungsi Sosial Budaya, Fungsi Cinta Kasih, Fungsi Melindungi, Fungsi Reproduksi, Fungsi Fungsi Ekonomi, Fungsi Sosialisasi Pendidikan dan Fungsi pembinaan Lingkungan ).

Delapan fungsi keluarga di masa sebelum pandemi COVID 19 mengalami disfungsi artinya banyak keluarga yang tidak menjalankan 8 fungsi keluarga seperti yang seharusnya atau fungsi – fungsi yang ada  tidak bisa berjalan secara maksimal, dengan adanya pandemi COVID, fungsi – fungsi keluarga yang ada mengalami refungsi, dengan keluarga tinggal dirumah, ibadah dirumah, belajar dirumah menjadikan keluarga melaksanakan fungsi – fungsi keluarga dan terjadi refungsi seperti dalam pembelajaran anak, yang semula dilakukan oleh guru sekarang dilakukan oleh orangtua / keluarga. Permasalahan yang banyak dialami keluarga dimasa pandemi COVID 19 berkaitan dengan fungsi pendidikan dan fungsi ekonomi.

 

Dalam sesi ke 2 terkait Pelayanan KB Pasca Persalinan dimasa Pandemi COVID 19 ini juga di jelaskan tentang penggunaan alat Kontrasepsi modern ( IUD, MOW, MOP Implant, Suntik, Pil dan Kondom ) juga Metode MAL, efektifitasnya, cara kerjanya.

Penjelasan pelayanan KB di Puskemas UH 1 dimasa pandemi COVID dan perubahan aturan BPJS, untuk pelayanan MKJP ( IUD dan Implant harus janjian dulu dengan bidan karena harus di screening lebih dulu ) kemudian untuk Suntik, Pil dan Kondom bisa langsung datang ke Puskesmas. Berkaitan dengan aturan BPJS yang baru, maka untuk bongkar/pasang IUD atau Implant bisa dilaksanakan dari H – 3, begitu juga untuk pelayanan KB Suntik.

 

Dalam pertemuan tersebut PPKBD dan Kader BKB, BKL, BKR sepakat untuk menyampaikan informasi 8 fungsi keluarga kepada masyarakat

 

Ditemui di sela kegiatan tersebut Endah Dwi Diniastuti, SE, MM selaku Sekcam Kecamatan Umbulharjo memberikan semangat kepada kader kader yang melakukan kegiatan sosial di kegiatan Bangga Kencana, tetap semangat dan berkarya mendukung Program Bangga Kencana di Kecamatan Umbulharjo.

Masyarakat Kota Yogyakarta melakukan aktifitas, sesuai dengan tema HUT Kota Yogyakarta ke 264 “tan mingkuh tumapak ing jaman anyar” yang artinya pantang mundur, selalu semangat dalam menghadapi era kebiasaan baru dimasa pandemi COVID 19 ), tetap berperilaku jaga jarak, pakai masker, cuci tangan, pakai handsanitizer, hindari kerumunan pungkasnya.