Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pelaku UMKM

Kemantren Umbulharjo melalui Jawatan Kemakmuran bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jamian Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Yogyakarta melaksanakan sosialisasi kepada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengenai program kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Bukan Penerima Upah (BPU)  di  Pendopo Kemantren Umbulharjo, Senin (15/02/2021).

Sosialisasi ini dibuka oleh Bapak Komaru Ma’arif, SIP, MSi selaku Mantri Anom Kemantren Umbulharjo dan didampingi oleh Kepala Jawatan Kemakmuran Kemantren Umbulharjo Arini Susetyowati, SIP serta Noviana Kartika selaku Kepala Bidang Kepesertaan Program Khusus dari BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta sekaligus sebagai narasumber.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh pelaku UMKM di wilayah Kemantren Umbulharjo yang berdomisili di 7 Kelurahan yaitu Kelurahan Semaki, Kelurahan Muja Muju, Kelurahan Tahunan, Kelurahan Warungboto, Kelurahan Pandeyan, Kelurahan Sorosutan dan Kelurahan Giwangan. Usaha UMKM meliputi Aneka Jus Buah, Aneka Minuman Herbal, Gorengan, Ratengan, Snack, Aneka Jajanan Pasar, Aneka Cemilan, Aneka Kerajinan kain, Masker, Usaha Warungan dan lain-lain.

Program BPJS Ketenagakerjaan sangat penting karena menyangkut perlindungan terhadap tenaga kerja atas kegiatan usaha yang mereka lakukan yang memiliki resiko terutama kecelakaan kerja dan kematian.

Noviana Kartika menjelaskan manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan usaha mikro yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Untuk beberapa Pelaku UMKM di wilayah Kemantren Umbulharjo saat ini mendapatkan bantuan pembiayaan BPJS Ketenagakerjaan dari Dana CSR PT Sari Husada.  Kegiatan sosialisasi ini berharap semua masyarakat pelaku UMKM di Wilayah Kemantren Umbulharjo menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jika terjadi resiko kecelakaan kerja dan kematian nantinya BPJS Ketenagakerjaan yang akan menanganinya.