Gebyar Literasi Kampung Giwangan

Umbulharjo, Masa pandemi tidak menyurutkan langkah untuk tetap bergerak dan berkarya, potensi dan prestasi yang seakan mati suri harus tetap digali, maka diperlukan sebuah terobosan kegiatan yang bisa mewadahi meski dengan keterbatasan ditengah pandemi.

Dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021 Kampung Baca Cakrawala Giwangan bekerjasama dengan TBM dan JBM Giwangan  menggelar berbagai kegiatan bertajuk "Gebyar Literasi Meraih Prestasi ditengah Pandemi"

Serangkaian acara dilaksanakan dari tanggal 1-26 Juli 2021 ini dimulai dengan berbagai perlombaan seperti lomba read aloud (membaca nyaring), lomba menyanyi lagu daerah, lomba baca puisi,  lomba menggambar mewarnai dan lomba video pendek dengan tema lingkungan, kemudian dilanjutkan dengan rangkaian acara  saresehan pada tanggal 14 dan 24 Juli 2021 bertajuk bincang literasi dengan judul "Pentingnya Literasi Anak dan Keluarga" oleh Rina Ratih Sri Sudaryani dosen PBSI UAD Yogyakarta, serta ruang inspirasi dengan judul "Pak Kades dan Intip Thiwul Plintheng Semar" oleh Bapak Romadhoni Andang Kades Inspiratif asal Wonogiri, kegiatan ini di akhiri  dengan berbagi buku dengan komunitaslaunching buletin kampung serta pembagian hadiah pemenang lomba di Pendopo Kelurahan Giwangan (4/08/21).

"Karena dimasa pandemi, rangkaian kegiatan kami kemas tidak seperti biasanya, semua jenis perlombaan dirancang untuk dikirim secara online kepada panitia, acara saresehan kami adakan lewat zoom meeting, serta kegiatan pembagian hadiah lomba harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.  "tetap bergerak meski berjarak" itu tagline yang sering saya sampaikan kepada tim dan teman-teman panitia". Papar Fajar Nur Rohmad selaku kordinator kegiatan gebyar literasi

Meski semua acara dilaksananakan secara online tetapi tidak menyurutkan antusiasme warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, terbukti lebih dari 80 peserta mulai dari anak-anak, pemuda sampai dengan orang tua ikut dan berpartisipai dalam kegiatan ini.

"Kegiatan semacam ini perlu kita apresiasi karena sangat bermanfaat untuk warga masyarakat khususnya lingkungan kampung Giwangan, meski ditengah pandemi semangat kita untuk berprestasi harus tetap ada serta kedepan potensi-potensi yang ada di wilayah harus kita gali secara bersama-sama demi Giwangan yang lebih baik lagi" kata lurah Giwangan Ibu Dwi Ernawati dalam sambutannya di acara pembagian hadiah lomba gebyar literasi.

Nunun Zulaikha dari Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini sangat baik dan bermanfaat dan berharap bisa memotivasi serta menginspirasi kampung lain di wilayah kota yogyakarta. "Kami sangat apresiasi serta terima kasih kepada tim dari kampung baca giwangan dan ini jelas bisa menjadi inspirasi dan motivasi kampung lain" kata Nunun Zulaikha.

Hal senada juga disampaikan oleh Cahyana dari Dinas Pendidikan Non Formal Kota Yogyakarta, "kegiatan ini bisa menjadi percontohan serta pemantik wilayah lain, karena literasi disaat pandemi ini sangat bermanfaat besar bagi masyarakat, kami akan selalu ikut serta mendampingi dan mendukung kegiatan semacam ini" pungkasnya

 

Kontributor : Faqih Utsman (Media dan Informasi TBM Suryowinoto Giwangan)