Potensi Wilayah Kemantren Umbulharjo

Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta adalah merupakan salah satu Kemantren dari 14 Kemantren di Kota Yogyakarta yang terletak di sisi Selatan Kota Yogyakarta  dengan ketinggian dari permukaan laut 113 M dengan Luas Wilayah +811, 4800 Ha yang berbatasan dengan Sebelah Barat Kemantren Mergangsan, Kemantren Pakualaman. Sebelah Timur Kemantren Kotagede, Kemantren Banguntapan Kabupaten Bantul. Sebelah Selatan Kabupaten Bantul dan Sebelah Utara Kemantren Gondokusuman. Wilayah ini terdiri dari tujuh kelurahan yaitu Kelurahan Semaki, Muja Muju, Tahunan, Warungboto, Pandeyan, Sorosutan dan Giwangan, dimana hampir sepertiga luas wilayah Kota Yogyakarta ini menyimpan potensi tersendiri. 

1. Kelurahan Semaki

Di Kelurahan Semaki ada beberapa potensi wisata antara lain:


a. RTHP Taman Semaki 

Terletak di RW 07/RT 23 Semaki, Umbulharjo. RTHP dibangun oleh DLH Kota Yogyakarta yang memiliki fasilitas berupa area bermain anak, tanaman hias dan pohon langka, bangku dan meja taman, air bersih, area reflexy, lampu penerangan, papan informasi tanaman dan pohon, wifi 24 jam dengan gratis.

b. Kampung Cerdas Sanggrahan

 Kampung yang bergerak sebagai kampung digital ini memanfaatkan internet untuk membantu masyarakat dalam sektor pendidikan, usaha, dan juga literasi kepada warganya yang terletak di kampung Sanggrahan meliputi RW 01, 02 dan 03. WiFi publik yang terdapat di Kampung Sanggrahan terhitung cepat, dengan kecepatan 20mbps. Selain itu, WiFi publik juga dapat diakses 24 jam. Kampung Cerdas Sanggrahan ini merupakan program Kelurahan dengan melihat permasalahan warganya dimana internet memang sangat penting, terutama bagi pelajar yang melaksanakan belajar daring terutama yang terjadi sejak awal pandemi, dengan adanya wifi publik secara gratis pelajar bisa memanfaatkan untuk sarana pembelajaran.

 

2. Kelurahan Muja Muju

Di Kelurahan Muja Muju ada beberapa potensi wisata antara lain:

a. RTHP Muja Muju

Terletak di Jl. Timoho Muja Muju, Umbulharjo. RTHP ini dibangun oleh DLH Kota Yogyakarta dengan memiliki beberapa fasilitas diantaranya area bermain anak, bangku dan meja taman, tempat untuk kegiatan positif warga, air bersih dan toilet yang bersih dan nyaman.

b. Kebun Stroberi

Gg. Kencana No. 478 RT 19/RW 06 Muja Muju, Umbulharjo. Kebun Stroberi ini memiliki fasilitas seperti tanaman stroberi yang tertata rapi, mengetahui budidaya stroberi dan untuk buah stroberi yang sudah dipanen dihasilkan olahan seperti kembang goyang, egg roll, dodol dan coklat stroberi dengan harga mulai Rp 10.000. Kebun Stroberi ini menjadi menarik karena lokasinya berada di pinggir sungai Gajah Wong yang dulunya kawasan tidak terawat sekarang menjdi lebih bersih, rapi dan asri.

c. Anggrek Widarakandang

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Widorokandang Muja Muju, Umbulharjo, Kota yang bergerak budidaya dan penyilangan anggrek berhasil maju ke tingkat nasional dalam Lomba Holtikultura yang diselenggarakan oleh Dirjen Hortikultura.

Ketua Kelompok Wanita Tani Anggrek-anggrek, diketuai oleh Sumiyati sejak Tahun 1976. Saat ini tanaman anggrek yang ada dikebun Widorokandang ini ada sekitar 40 jenis. Sementara untuk jenis anggrek yang telah disilangkan mencapai ratusan jenis terletak di Jl. Hibrida No. 10 Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta, penataan rapi dan memiliki laboratorium anggrek sendiri. Untuk pengunjung selain bisa menikmati pemandangan kebun anggrek yang indah juga bisa belajar budidaya anggrek secara langsung, dan disini ada juga permainan untuk anak-anak untuk menambah keseruan dan kenyamanan saat berkunjung.

d. Taman Gajah Wong

Taman ini berada di pinggir sungai Gajah Wong tepatnya di Jl. Sidobali, Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta dengan memiliki beberapa fasilitas berupa area bermain anak, gazebo, sarana olahraga dan refleksi dengan banyak tataman yang terlihat asri dan rapi.

3. Kelurahan Tahunan

Di Kelurahan Tahunan ada beberapa potensi wisata antara lain:

a. Taman Makam Pahlawan Kusumanegara

Terletak di Jl. Soga Tahunan, Umbulharjo, Yogyakarta di Taman makam Pahlawan ini menjadi tempat pemakam para pahlawan nasional yang terkenal  antara lain Pahlawan yang dimakamkan disana antara lain Jenderal Besar Republik Indonesia era Revolusi, Jenderal Soedirman. Oerip Soemohardjo, sosok pelopor terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat, Brigjen Anumerta Katamso Darmokusumo, Pahlawan Revolusi, 1965.

Menteri Pembangunan Pemuda era Pemerintahan Soekarno, Menteri Soepeno. Serta Irjen (Pol) F.X. Sumardi - Kapolda Irian Jaya, salah satu korban tewas dalam kecelakaan pesawat Cassa U-614 tahun 2001 di Irian Jaya.

Pemakaman ini dikhususkan bagi mereka yang telah berjasa kepada NKRI termasuk pahlawan nasional, anggota militer, dan pejabat tinggi negara.

b. Makam Ki Ageng Prawiropurbo

Makam cucu Sultan Hamengku Buwono VI, Kiai Ageng Prawiropurbo di Jalan Kusumanegara, sebelah timur kompleks Taman Makam Pahlawan Yogyakarta itu banyak dikunjungi peziarah dari beragam kalangan.

c. Taman Wijaya Brata

Terletak di Jl. Soga no.28 Tahunan, Umbulharjo, Yogyakarta

Dilokasi ini merupakan tempat pemakaman Ki Hajar Dewantara dan Nyi Hajar Dewantara, keluarga Tamansiswa dan tokoh - tokoh nasional bangsa Indonesia.

d. Musik Bang Bung Kubro

Musik Bang Bung kubro ini salah satu karya seni dari paguyuban Punokawan berada di alamat Jl. Kusumanegara No. 16 Tahunan, Umbulharjo, paguyuban ini diketuai oleh bapak Supangat, beliau dan timnya  sering menyajikan beberapa pertunjukan seperti gejog lesung, reog panji budaya muda, bregodo, srikandi dan keroncong.

e. Sanggar Tari Girka

Sanggar ini di kelola oleh bapak Heru, S.Sn beralamat di Jl. Batikan No. 672 Tahunan, Umbulharjo. Sanggar tari Girka menyajikan tari klasik dan kreasi sering melakukan pentas di berbagai acara.

f. Sanggar Batik Jumputan Maharani

Batik jumputan bisa diartikan sebagai salah satu jenis batik yang dibuat dengan cara menghias dengan cara ikat celup. Adapun cara kerja batik jumputan yaitu mengikat kencang beberapa bagian kain kemudian dicelupkan pada pewarna pakaian. Kelurahan Tahunan banyak warganya yang membuat kerajinan kain batik jumputan salah satunya sanggar batik jumputan Maharani beralamat di Jl. Soga No. 67 Tahunan, Yogyakarta disini selain melihat galeri kain batik pengunjung bisa mengikuti workshop dan pelatihan pembuatan kain batik jumputan dengan harga mulai Rp 175.000.

4. Kelurahan Warungboto

Di Kelurahan Warungboto ada beberapa potensi wisata antara lain:

a. Situs Warungboto

Situs Warungboto adalah salah satu bangunan cagar budaya yang terletak di Jalan Veteran No.77, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada awalnya, situs ini dulunya merupakan tempat pesanggrahan Sri Sultan Hamengku Buwono II. Situs ini diresmikan Oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya  pada tanggal 23 Desember 2016. Situs ini melengkapi wisata Cagar Budaya di Yogyakarta khususnya peninggalan bangunan pesanggrahan. Arsitektur di  Situs Warung Boto sekilas mirip dengan arsitek Taman Sari. Di Situs ini juga terdapat lorong yang menarik untuk ditelusuri dan anda akan serasa dibawa ke masa lampau bagaimana bangunan pesanggrahan ini dipergunakan. Ketika masuk akan melihat 2 buah kolam. Satu kolam berbentuk bulat dan satu berbentuk persegi. Pada papan keterangan tertulis bahwa pada kolam yang berbentuk bulat, terdapat sumber air di tengahnya. Kedua kolam itu menyambung, dan air di kolam persegi berasal dari kolam yang bulat. Selain sebagai tempat wisata,tempat  ini juga sering dipergunakan untuk keperluan foto Pre- Wedding.

b. Batik Shibori

Shibori berasal dari kata kerja 'shiboru' yakni merupakan teknik pewarnaan kain yang mengandalkan ikatan dan celupan. Motif yang dihasilkan seringkali tak jauh berbeda dengan batik (meskipun dari segi pengerjaan lebih mudah dan sederhana). Tidak heran jenis kain yang satu ini acap kali disebut dengan 'batik' asal Jepang. Kelurahan Warungboto banyak warganya yang membuat kerajinan batik Shibori salah satunya UKM Kembang Tebu di ketuai oleh ibu Emilia Sulastri yang berada di Jl. Glagahwangi No. 158 Warungboto, Umbulharjo.

c. Seni Budaya

Seni Budaya yang ada di Warunboto antara lain seni karawitan, kesenian kethoprak, seni pertunjukan Guyon Maton, seni sastra Jawa macapat, seni tari klasik dan tari garapan, kesenian rakyat jathilan, kesenian reog, kesenian musik modern (band), seni keprajuritan rakyat (Bergodo) dan musik keroncong. selain itu Kelurahan Warungboto juga masih tetap melestarikan adat istiadat yaitu merti tuk umbul setiap tahunnya menjelang bulan suci Ramadhan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai budaya dan  paket wisata di Kelurahan Warungboto bisa datang ke alamat UH IV/1021 RT 38 RW 09, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.

5. Kelurahan Pandeyan

Di Kelurahan Pandeyan ada beberapa potensi wisata antara lain:

a. Kampung Wisata Budaya

Kampung wisata Budaya terletak di Jl. Pandeyan, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta yang mana kampung ini merupakan nama asal dari kata kata Pandeyan, dan juga merupakan etalase kampung wisata atau sebagai titik pusat kegiatan kampung Wisata Budaya

b. Gajah Wong Education Park

Gajah Wong Education Park (GEP) yang terletak di Jl. Gambiran, RT 45 / RW 08 Pandeyan, Umbulharjo merupakan taman yang luasnya kurang lebih 5.000 m2. dan terletak di RW 08 Kampung Gambiran yang bertepatan di pinggiran Kali Gajah Wong. GEP juga merupakan salah satu taman di Kota Yogyakarta yang biasa di kunjungi sebagai tempat wisata, baik warga Kota Yogyakarta maupun luar Kota Yogyakarta.  Taman ini merupakan embriyo Kampung Hijau di Kelurahan Pandeyan, terdapat sarana untuk kebutuhan kesegaran jasmani penuh dengan tanaman dan fasilitas olahraga seperti jogging track, dilengkapi dengan arena permainan anak, toilet, masjid dan akses wifi gratis selama 24 jam.

c. XT Square

XT Square terletak di Jl. Veteran No. 150-151 Pandeyan, Umbulharjo telah diresmikan sebagai pasar seni & kerajinan wilayah Yogyakarta kini telah memiliki berbagai zona / area untuk menghidupkan suasana wisata Yogyakarta

Seperti spot foto dunia terbalik di D’Walik, 120 spot foto 3 Dimensi di De Mata dan beberapa lainnya.

Di sini, terdapat banyak sekali patung-patung replika tokoh nasional dan dunia. Mengusung konsep yang sama dengan museum patung lilin Madam Tussaud. Teman Traveler bisa bertemu dengan Putri Diana, Ratu Elizabeth, Ir. Soekarno dan beberapa tokoh lainnya di sini.

Untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung, pihak pengelola XT Square Jogja terus mengembangkan objek wisata ini. Hingga pada Maret 2018 lalu, setelah disiapkan selama kurang lebih 2,5 bulan, sebuah wahana selfie baru di sini bisa dinikmati. Ia diberi nama Taman Pule. 

Selfie park yang dibangun di atas lahan seluas 1.088 meter persegi ini memiliki banyak spot foto yang terbuat dari akar. Akar-akar dibentuk sedemikian rupa menyerupai bunga matahari, segitiga hingga bulatan, hingga jadi properti berfoto yang beda dari biasanya.

d. Taman Legawong

Beralamat di Jl. Gambir Sawit, Gambiran, Pandeyan, Umbulharjp. Lebih tepatnya  terletak dipinggiran sungai Gajah Wong dan mempunyai banyak pohon sehingga merindangkan suasana, ada angkringan juga wifi gratis ,  arena bermain anak , gazebo, toilet dan warung kuliner. Disini juga ada pendopo yang sering digunakan untuk berbagai acara kelurahan Pandeyan terutama untuk acara kebudayaan.

6. Kelurahan Sorosutan

Di Kelurahan Sorosutan ada beberapa potensi wisata antara lain:

a. RTHP Sorosutan

Jl. Masjid Sulthonain No. 354 Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta

RTHP ini dibangun oleh DLH dengan memiliki beberapa fasilitas seperti area bermain anak,bangku taman, area reflexy, lampu penerangan, toilet, air bersih dan wifi

b. Pendopo Budaya Plumpung

Gg. sawo II No. 31 Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta

Pendopo pindahan dari kelurahan lama, yang sekarang difungsikan untuk kegiatan umum seperti kegiatan keagamaan, sosial dan budaya. Untuk keagamaan sering digunakan pengajian dan peringatan hari hari besar islam. Untuk budaya untuk pentas kesenian di kelurahan Sorosutan. potensi yang ada jatilan, karawitan, musik keroncong dll

c. WL Aluminium

Jl. Pakel Baru Selatan No. 14, RT 16 / RW 5 Sorosutan, Umbulharjo

Kelurahan Sorosutan banyak warganya yang memiliki usaha dibidang manufaktur alat rumah tangga berbahan aluminium salah satunya WL Aluminium seperti wajan, panci, ketel dan lain -lain  dengan harga mulai Rp 16.000

7. Kelurahan Giwangan

Di Kelurahan Giwangan ada beberapa potensi wisata antara lain:

a. Embung Giwangan

Pemerintah Kota Jogja membangun Embung Giwangan tertyang akan menjadi Taman Wisata Budaya melengkapi Taman Pintar I yang sudah ada di Jogja. Taman Wisata Budaya atau disebut Taman Pintar II ini diproyeksikan beroperasi penuh pada 2024 mendatang.

b. Kebun Anggur

Terletak di jalan Jl. Mendung Warih Giwangan, Umbulharjo,

kebun anggur ini masih tahap pengembangan dan budidaya sehingga belum terlihat hasil buahnya.

c. RTHP Giwangan

RTHPGiwangan terletak di Jl. Pemukti No. 647 Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta dibangun oleh DLH Kota Yogyakarta yang memiliki fasilitas berupa area bermain anak, toilet, masjid, gazebo, bangku taman, ring basket dan wifi

d. Kebun Kelengkeng

Kebun kelengkeng ini ditanam secara merata di sepanjang pinggir jalanGiwangan dan paling banyak ditemui di Jl. Pemukti Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta, karena masih di tahap awal budidaya dan pengembangan untuk hasil buah kelengkennya dijadikan buah tangan untuk para tamu khusus yang berkunjung ke Kelurahan Giwangan. dan melalui  tanaman  kelengkeng di sepanjang jalan, membuat kampung tersebut menjadi asri dan hijau.

e. Bendhung lepen 

Terletak di Mrican UH 7/338 Giwangan, umbulharjo, Yogyakarta yang awalnya merupakan lokasi kumuh dan penuh sampah. Lokasi ini kemudian dibersihkan lagi ditata dengan canti. Saluran irigasi dijadikan tempat budidaya ribuan ikan. Sekarang kawasan ini mampu menggerakkan ekonomi warga berkat kunjungan wisatawan. Disini banyak fasilitasnya seperti tempat pemancingan, mushola, toilet, pendopo, spot foto, kuliner dan penjual tanaman hias juga ada, untuk tiket masuk gratis hanya dengan membayar parkir seikhlasnya.

f. Dermaga Cinta

Terletak di Jl. Werkudara Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Wisata di area sungai Gajah Wong ini memiliki beberapa fasilitas penunjang seperti perahu wisata dengan biaya naik Rp 5.000, toilet, mushola, arena permainan anak, bangku taman, warung kuliner dan tanaman hias.

g. Kebun Anggrek

Kebun anggrek ini merupakan bagian dari program ibu PKK di Kelurahan Giwangan yang saat ini maish proses perkembangan dan budidaya terlebih dahulu dan belum bisa di jual  untuk umum. Letaknya di Jl Pemukti No. 700 Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta atau samping kelurahan Giwangan.