PENUNTASAN VAKSINASI DI KEMANTREN UMBULHARJO

Rabu (6/10/2021) Kemantren Umbulharjo yang memiliki jumlah penduduk cukup banyak di Kota Yogyakarta adakan kegiatan penuntasan vaksinasi di Pendopo Kemantren Umbulharjo, Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo Rumpis Trimintarta menyebut kegiatan vaksinasi itu menyasar sekitar 1.500 orang dari Kelurahan Tahunan, Warungboto.

“Vaksinasi ini menyasar hasil penyisiran data warga yang belum vaksin di Umbulharjo. Di samping penduduk Umbulharjo, warga yang berdomisili di sini tapi bukan NIK kota juga kami prioritaskan,” kata Rumpis di sela vaksinasi di Kemantren Umbulharjo.

Rumpis menyatakan sampai hari ini capaian vaksinasi di Kemantren Umbulharjo sudah di atas 80 persen. Tiga kelurahan di Umbulharjo yang tuntas vaksin yaitu Giwangan, Tahunan dan Warungboto. Sedangkan sisanya seperti Muja Muju , Semaki, Pandeyan dan Sorosutan akan segera dituntaskan.

“Kami mengundang warga yang layak vaksin untuk vaksinasi,  yang tidak layak vaksin karena memiliki komorbid dan penyintas Covid-19 serta penyandang disabilitas yang kesulitan akses akan ada penyisiran program jemput bola dari Puskesmas,” jelas Rumpis.

Menurutnya hasil pemantauan vaksinasi yang diadakan diwilayahnya masyarakat di Umbulharjo lebih antusias mengikuti vaksinasi yang diadakan di wilayah karena dalam satu lingkungan warga. Sebagai contoh warga sebelumnya diundang untuk vaksinasi di sentra vaksinasi di Xt-Square, tapi hanya sebagian yang hadir. Oleh sebab itu vaksinasi perlu terobosan diadakannya di wilayah tingkat kemantren maupun kelurahan.

Dalam acara bertajuk Ayo Segera Vaksin di Kemantren Umbulharjo turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun menyampaikan akan menyisir warga yang belum vaksin untuk divaksinasi Covid-19. Kegiatan vaksinasi akan diadakan di wilayah yang jumlah warga belum divaksin masih banyak. Terutama di Kemantren Umbulharjo dan Mergangsan dengan penduduk yang cukup banyak. “Kami sudah sisir dan akan adakan vaksin setiap hari serempak sampai dengan tanggal 7 Oktober,” ucap Tri Kirana.