‘’Menjaga Geliat Perekonomian Masyarakat Rentan’’

Pembagian bantuan program Kita Jaga Usaha (KJU) secara simbolis dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Jogja dan Bank Mandiri (mandiri amal insani) dilaksanaan di Pendopo Kemantren Umbulharjo kepada 10 penerima manfaat yang berasal dari 6 Kemantren di wilayah Kota Yogyakarta pada Kamis (24/2/2022).

Program ini bertujuan untuk mendukung pelaku usaha UMKM terdampak pandemi Covid-19 dan sebagai bentuk kepedulian BAZNAS dalam menjaga geliat perekonomian masyarakat rentan. 

10 penerima manfaat mendapatkan bantuan sebesar Rp1 juta rupiah,yang peruntukkannya bisa sesuai dengan tujuan program ini yakni meningkatkan kapasitas ekonomi warga yang terdampak pandemi

Baznas Kota Jogja juga menginformasikan pada tahun lalu penerimaan zakat yang dikelola oleh pihaknya meningkat sebanyak delapan persen, Jumlahnya hampir mencapai enam miliar atau tepatnya Rp 5,9 miliar. 

"Periode Januari dan Februari ini kami sudah salurkan beberapa permohonan dari warga masyarakat sekaligus kita juga mendapatkan pasokan bantuan dana dari mandiri amal insani," Jelas Wakil Ketua II Baznas Kota Jogja, Abdul Samik Sandy.

Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufiq, S.I.P, M.Si mengapresiasi upaya BAZNAS dan juga mandiri amal insani dalam memberikan akses bantuan kepada pelaku UMKM. Di masa pandemi ini, bantuan seperti itu sangat berguna bagi pelaku usaha untuk bantuan modal. 

"Ada 10 penerima dari enam kemantren yakni Gondokusuman, Tegalrejo, Jetis, Gedongtengen, Wirobrajan dan Umbulharjo. Harapan kami bantuan modal usaha ini bisa diperluas dengan pendampingan agar usaha yang dijalani dapat terus berkembang", Imbuhnya