TERUS KEMBANGKAN POTENSI DAN PRESTASI KAMPUNG LITERASI GIWANGAN JADI KEBANGGAN UMBULHARJO

Minggu 26/06/2022, Gebyar Literasi Kampung Giwangan #2. Acara ini merupakan kali kedua Kelurahan Giwangan mengadakan kegiatan serupa yang dilaksanakan pada tahun 2021 lalu ditengah pandemi. Kegiatan gebyar literasi ini terus berlanjut guna mengembangkan potensi dan prestasi masyarakat setempat. Tentu saja acara ini menjadi kegiatan yang positif bagi warga Kelurahan Giwangan dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Acara dihadiri oleh, Mantri Pamong Praja Umbulharjo, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora), Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan anak dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Lurah Giwangan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Karang Taruna, RT dan RW Kelurahan Giwangan

Dalam acara tersebut bapak Mantri Pamong Praja Umbulharjo Rajwan Taufiq S.I.P., M.Si. Dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Kelurahan Giwangan. “Gebyar Literasi Kampung Giwangan ini merupakan kegiatan yang dilakukan kedua kalinya setelah sebelumnya Gebyar Literasi Kampung dilaksanakan secara online karena pandemi, pada tahun ini kegiatan dapat dilakukan secara bersama-sama dengan protokol kesehatan. Kegiatan ini merupakan kebanggaan bagi Kemantren Umbulharjo, karena belum semua kampung menjadi Kampung Literasi. Sebuah sinergitas yang luar biasa bagi keluarahan Giwangan dan Kemantren Umbulharjo. Terima kasih untuk swadaya masyarakat Giwangan yang dikoordinir oleh bapak Ketua LPMK bapak Sujono”.ungkapnya.

Rajwan Taufiq berharap bahwa kegiatan ini bisa membawa dan menyiapkan generasi penerus 10-20 tahun yang akan datang mewarnai kepemimpinan dilingkungan Umbulharjo, baik dari segi seni budaya maupun pengetahuan. Kegiatan ini memberikan nuansa positif dalam membangkitkan semangat belajar anak-anak, setelah 2 tahun belajar secara online dengan penuh keterbatasan yang ada.

Bertepatan dengan libur semester, anak-anak diarahkan untuk mengikuti lomba mewarnai dan menggambar yang diselenggarakan di aula SMK Muhammadiyah 3. Tidak hanya perlombaan, acara juga dimeriahkan dengan pentas seni warga Kelurahan Giwangan, diantaranya adalah hadroh dari Pantri Putra Islam dan Tari Nyawiji dari Sanggar Tari Sekar Arum, Permainan Biola, Puisi Bahasa Jawa, Menyanyi, Dance, Tari Gegala, Puisi Bahasa Indonesia, Tari Lilin, Tari Manuk Dadali, dan penampilan sulap. Acara diakhiri dengan pengumuman perlombaan dan pembagian hadiah.