“WARGA ASIH” RW 12 SOROSUTAN IKUTI LOMBA WKSBM BERPRESTASI TINGKAT DIY

Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) adalah sistem kerjasama pelayanan kesejahteraan sosial di tingkat akar rumput yang terdiri atas usaha kelompok, lembaga maupun jaringan pendukungnya. Pembentukan WKSBM bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan ketahanan sosial masyarakat dengan cara meningkatkan kesejahteraan anggotanya yang dibiayai dengan iuran anggotanya sendiri. Kegiatan WKSBM dijiwai oleh semangat kebersaman dan kegotongroyongan. Di sisi lain pembangunan sosial tidak bisa hanya dilaksanakan oleh pemerintah melainkan harus ada peran serta masyarakat yang dalam hal ini diwadahi dengan organisasi sosial kemasyarakatan yang disebut dengan WKSBM.

Rabu (13/07/2022), bertempat di RW 12 Sorosutan, dilaksanakan penerimaan tim juri WKSBM berprestasi tingkat Propinsi DIY. Rombongan tim juri yang dipimpin oleh Seno Atmojo diterima oleh Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Umbulharjo, Lurah Sorosutan, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua LPMK, Ketua RW 12 dan tokoh masyarakat lainnya.

Kedatangan tim juri bertujuan melihat secara langsung dan menilai kegiatan WKSBM Warga Asih RW 12 Kelurahan Sorosutan. WKSBM Warga Asih sendiri berdiri sejak tahun 2008 dan berkembang sampai saat ini dipimpin Afith Nurohman. Kegiatan menabung untuk beramal telah dilakukan selama ini hingga mengumpulkan puluhan juta yang selanjutnya disalurkan kepada masyarakat RW 12 dalam bentuk santunan warga yang sakit, bantuan pendidikan, bantuan modal usaha dan bantuan sembako.

Setelah melakukan pengamatan, Ketua Tim Juri Penilai, Seno Atmojo dalam sambutannya mengatakan bahwa WKSBM Warga Asih RW 12 akan bersaing dengan WKSBM dari 4 kabupaten se-provinsi DIY untuk selanjutnya akan maju ke tingkat nasional apabila menang di tingkat provinsi DIY. Dari hasil observasi didapatkan kesan yang baik dari sisi administrasi dan organisasi.

Mantri Pamong Praja Umbulharjo, Rajwan Taufiq, S.I.P M.Si,  dalam sambutannya mengharapkan agar WKSBM Warga Asih mendapatkan nilai terbaik dan maju lomba ke tingkat nasional mewakili Provinsi DIY. Lebih lanjut WKSBM Warga Asih membuktikan bahwa antar warga memiliki rasa saling mengasihi dan saling tolong menolong.