DIGELAR KEMBALI SETELAH VAKUM 2 TAHUN, TAMAN BUDAYA EMBUNG GIWANGAN MENJADI LOKASI BARU KONTES ROKET AIR

Minggu (20/08) dilaksanakan kontes Roket Air di Taman Budaya Embung Giwangan Yogyakarta yang merupakan bagian dari Taman Pintar II. Kontes Roket Air ini digelar sekaligus untuk memperingati HUT ke-77 RI. Menurut laman resmi Taman Pintar acara dimulai pada tanggal 16 Agustus 2022 dengan puncak acara pada tanggal 20 Agustus 2022. Embung Giwangan merupakan lokasi baru, tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para kontestan. 

Menurut Kepala UPT Taman Budaya Yogyakarta Retno Yuliani, pergantian lokasi ini dimaksudkan untuk memperkenalkan potensi wilayah yang ada di Kelurahan Giwangan yaitu Embung Giwangan sebagai bagian dari Taman Pintar dan nantinya dikembangkan sebagai Taman Budaya.

Peserta Kontes Roket Air terbuka untuk umum. Tidak kurang 283 peserta dengan rentang usia 12-16 tahun yang berasal dari berbagai daerah mengikuti kontes tersebut. Pendaftaran sudah dimulai sejak 16 Agustus 2022 lalu. Roket Air diluncurkan dari sisi Timur dan ditargetkan mendarat pada sisi Barat Embung. Harapannya 10 besar dari kontes hari ini berhak maju ke tingkat nasional yang akan diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Oktober mendatang. 

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Ibu Yetty Martanti, S.E., M.Ec, Mantri Pamong Praja Umbulharjo Bapak Rajwan Taufiq S.I.P., M.Si., Lurah Giwangan Ibu Dyah Murniwarini, A.Md.,  Kepala UPT Taman Pintar, LPMK kelurahan Giwangan, Perwakilan Polsek Umbulharjo, Perwakilan Koramil Umbulharjo dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Giwangan. Kunjungan juga bertujuan untuk meninjau kegiatan FORKOM UMKM Kelurahan Giwangan yang turut dimeriahkan dengan hadirnya stand UMKM. 

‘’Semoga acara kontes roket air pada pagi ini berjalan lancar dan sukses, dan dengan adanya kegiatan kontes/event lain nantinya juga secara langsung mampu meningkatkan perekonomian warga, misal ada yang menjual produk makanan, cindera mata/sauvenir dll yang di buat oleh masyarakat sekitar, dan kami akan terus berkolaborasi dengan stakeholder guna melengkapi/menambah fasilitas yang belum ada, sehingga perserta/pengungjung umum lebih nyaman dan betah berlama lama di Embung Giwangan’’, ucap Rajwan Taufiq, S.I.P, M.Si memberikan sambutan.