MANTRI PAMONG PRAJA UMBULHARJO DUKUNG PANTIB FOR SCHOOL SD MUHAMMADIYAH PAKEL KELURAHAN SOROSUTAN

Dalam rangka menciptakan ketertiban dan kedisiplinan di lingkungan sekolah, SD Muhammadiyah Pakel Kelurahan Sorosutan menyelenggarakan deklarasi PANTIB FOR SCHOOL, Jum'at (19/08/2022). Hadir pada kesempatan tersebut Mantri Pamong Praja Umbulharjo, Kapolsek Umbulharjo, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Satpol PP Kota Yogyakarta, Lurah Sorosutan, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Pakel, Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Ketua LPMK Sorosutan, Ketua Kampung Sorosutan, Ketua RT 27, Ketua RW 08 dan segenap tenaga pengajar.

Pantib for School adalah singkatan dari panca tertib di sekolah merupakan program kerja dari Satpol PP Kota Yogyakarta bekerja sama dengan sekolah-sekolah dalam membangun suatu gerakan untuk menumbuhkan budaya tertib dan disiplin dalam mentaati Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 22 Tahun 2015 tentang Gerakan Panca Tertib yang mencakup Tertib Daerah Milik Jalan, Tertib Bangunan, Tertib Usaha, Tertib Sosial Dan Tertib Lingkungan.

Kepala sekolah SD Muhammadiyah Pakel Kelurahan Sorosutan, Amiruddin S.Pd menjelaskan dalam presentasinya bahwa akan mewujudkan 5 tertib yaitu mewujudkan tertib penataan parkir kendaraan antar jemput orang tua siswa, mewujudkan lingkungan yang bersih aman indah nyaman dengan mengajarkan murid-murid gemar menanam, merawat tanaman, menjaga lingkungan sekolah dari vandalisme, mewujudkan tata krama/unggah ungguh/empati pada anak-anak dan yang terakhir adalah mewujudkan budaya membeli jajanan makanan sehat halal. Disamping itu, Amiruddin, S.Pd juga berkomitmen untuk menumbuhkan budaya bersih dan hijau dengan mengajarkan anak-anak untuk menanam dan memelihara tanaman di lingkungan sekolah serta membuang sampah pada tempatnya.

Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufiq, S.I.P, M.Si dalam sambutannya memberikan apresiasi setingginya atas deklarasi Pantib For School di SD Muhammadiyah Pakel. Terkait dengan komitmen untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan hijau sejalan dengan prestasi Kemantren Umbulharjo yang baru saja meraih juara Hatinya PKK yang salah satu indikatornya adalah kebersihan dan lingkungan yang hijau.
Selanjutnya Rajwan Taufiq, S.I.P, M.Si mengatakan bahwa untuk mewujudkan Pantib For School di SD Muhammadiyah Pakel bukanlah hal yang mudah. Untuk itu dibutuhkan dukungan yang sinergis dari semua pihak baik dari OPD terkait, Forkompimtren Umbulharjo, sekolah dan seluruh tenaga pengajar, orang tua siswa, lingkungan sekitar maupun dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah.