DIPERINKOP UKM KOTA YOGYAKARTA LAUNCHING 4 SENTRA UNGGULAN KEMANTREN UMBULHARJO

Guna mendorong perekonomian masyarakat serta mewujudkan tujuan pembangunan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah menyelenggarakan launching sentra di 14 kemantren. Menurut PP No 29 Tahun 2018 tentang pembentukan sentra pada suatu lokasi atau tempat yang terdiri paling sedikit 5 unit usaha yang menghasilkan produk sejenis menggunakan bahan baku sejenis atau melakukan produksi yang sama. Agar memudahkan intervensi, treatment, pemberdayaan serta pendampingan maka dibentuklah sentra-sentra Industri Kecil Menengah (IKM).

 

Senin (12/09/2022) telah dilaksanakan Launching Sentra IKM pertama kali dilaksanakan di Kemantren Umbulharjo bertempat di sepanjang Jalan Soga, Tahunan, Umbulharjo. Launching dilakukan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Yogyakarta Drs. Kadri Renggono, M.Si, Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Susanto Dwi Antoro, S.E, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta Drs. Tri Karyadi Riyanto Raharjo, S.H., M.Si, dan Mantri Pamong Praja Umbulharjo Rajwan Taufiq., S.I.P, M.Si. Hadir pula dalam acara tersebut Lurah se-Kemantren Umbulharjo, Ketua TP PKK Kemantren Umbulharjo, Danramil Umbulharjo, Kepala Puskesmas Umbulharjo 1 dan 2, Ketua LPMK dan Ketua TP PKK Kelurahan se-Kemantren Umbulharjo.

 

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta Bapak Tri Karyadi Riyanto Raharjo dalam sambutannya menerangkan bahwa launching sentra IKM bertujuan untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap sentra-sentra guna meningkatkan kualitas dan produktivitas IKM khususnya di Kemantren Umbulharjo. Diharapkan dengan adanya sentra IKM berdampak besar pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Yogyakarta.

 

Rajwan Taufiq, S.I.P M.Si dalam sambutannya memaparkan sentra-sentra IKM yang ada di Kemantren Umbulharjo yaitu sentra tempe di Kelurahan Pandeyan, sentra Jumputan di Kelurahan Tahunan, sentra logam di Kelurahan Sorosutan, dan sentra abon nabati di Kelurahan Giwangan. Sementara untuk 3 kelurahan lainnya diharapkan dapat muncul menjadi sentra berikutnya.

 

“Tentunya dorongan dan bimbingan kami harapkan untuk seluruh masyarakat Kemantren Umbulharjo. Seiring dengan kondisi Covid-19 yang sudah melandai semoga industri-industri yang ada di wilayah Kemantren Umbulharjo bisa semakin jaya sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”, imbuhnya.

 

Acara diawali penyampaian sambutan, laporan kegiatan launching sentra oleh Dinas terkait dan diakhiri dengan kunjungan terhadap stand-stand IKM. Tidak hanya itu, berbagai stand produk olahan pangan UMKM di Kemantren Umbulharjo juga turut memeriahkan acara launching sentra.