KEMANTREN UMBULHARJO DUKUNG PENGELOLAAN SAMPAH MANDIRI LEWAT FORUM BANK SAMPAH

(07/09/2022) Bertempat di Bank Sampah Sinar Lestari RW 09 Sorogenen, Sorosutan berlangsung Sarasehan Forum Bank Sampah (FBS). Acara ini difasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Sarasehan dihadiri oleh  Ketua FBS Kota Yogyakarta Bapak Ir. Aman Yuriadijaya, MM, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta beserta jajaran, Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo beserta jajaran, Ketua Forum Bank Sampah Kemantren Umbulharjo serta para penggiat bank sampah di wilayah Kemantren Umbulharjo. 

Bapak Ir. Aman Yuriadijaya, MM selaku Ketua FBS Kota Yogyakarta menyampaikan sampah merupakan permasalahan yang serius dan harus ada itikad dari aparat yang dimulai Lurah, Mantri Pamong Praja dan seterusnya. Wilayah mempunyai tugas prioritas memastikan ketertiban dan kebersihan serta mendorong peningkatan perilaku positif terkait pengelolaan sampah mandiri. Pengelolaan sampah hendaknya melibatkan Forum Bank Sampah dan RT/RW sehingga legitimasi forum menjadi kuat. 

Produksi sampah di Kota Yogyakarta sejumlah 370 ton perhari terdiri dari 60% sampah organik. Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut maka perlu peran aktif masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga secara mandiri.
Terdapat 99 Bank Sampah di Kemantren Umbulharjo terdiri dari 2845 anggota, antara lain:
a.    Kelurahan Semaki terdapat 10 bank sampah yang terdiri dari 341 anggota.
b.    Kelurahan Muja Muju terdapat 12 bank sampah yang terdiri 381 anggota.
c.    Kelurahan Tahunan terdapat 16 bank sampah yang terdiri dari 376 anggota.
d.    Kelurahan Warungboto terdapat 11 bank sampah yang terdiri dari 589 anggota.
e.    Kelurahan Pandeyan terdapat 16 bank sampah terdiri dari 260 anggota
f.    Kelurahan Sorosutan terdapat 20 bank sampah yang terdiri dari 640 anggota
g.    Kelurahan Giwangan terdapat 14 bank sampah yang terdiri dari 258 anggota

Sarasehan ini memiliki peran penting salah satunya agar partisipasi masyarakat dalam keanggotaan bank sampah meningkat sehingga dapat melaksanakan pengolahan sampah secara mandiri di wilayah masing-masing. 

Mantri Pamong Praja Umbulharjo, Rajwan Taufiq, S.I.P., M.Si dalam sambutannya menyampaikan akan menindaklanjuti arahan dari Ketua FBS Kota Yogyakarta dengan cara dibuatkan surat edaran kepada RT dan RW agar berperan aktif dalam mendukung kegiatan bank sampah serta akan mendiskusikan kembali penganggaran pengelolaan sampah organik bersama fasilitator kelurahan, bank sampah, RT dan RW guna mendukung pengurangan sampah di wilayah.