KEMANTREN UMBULHARJO SIAPKAN INOVASI DAN STRATEGI GUNA MENEKAN KENAKALAN REMAJA DAN CIPTAKAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA

Selasa (20/09/2022) telah dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi Program Pokja 1 TP PKK DIY Tahun 2022 terkait program unggulan POKJA I yakni Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAR EDI) Kelurahan Tahunan Kemantren Umbulharjo.

“Di lingkungan masyarakat masih banyak ditemui kasus kenakalan anak remaja, pernikahan usia dini, penggunaan miras di kalangan remaja, dan kekerasan dalam rumah tangga karena keluarga tidak harmonis sehingga mempengaruhi pola asuh anak”, jelas Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat, Yunianto Dwisutono memberikan sambutan.

Berkaitan dengan banyak ditemukannya kasus negatif pada remaja, Kemantren Umbulharjo dalam monev program pokja 1 TP PKK DIY yang diwakili oleh kelurahan Tahunan berinovasi antara lain sebagai pusat kegiatan saat pandemi, pengajian rutin, sosialisasi kesetaraan gender, rumah kreatif, gerakan sapa anak kost, dan sapa akhlak. Adapun strategi pelaksanaan program PAAR EDI di Kelurahan Tahunan diantaranya Membangun Keluarga Indonesia Sejahtera dan Harmonis (KISAH) melalui inovasi program Apel Kaca dan Bika Muda KUA Umbulharjo serta kegiatan pembinaan karakter remaja, layanan umum, dan KIA dari Puskesmas Umbulharjo 1 dan 2.

Strategi lainnya yaitu Membangun Keluarga Indonesia Anti Traficking, Membangun Keluarga Sehat Tanpa Narkoba (KRISNA), Keluarga Indonesia Lindungi Anak dari Kekerasan Seksual (KILAS) melalui program Cegah 3 (KDRT, Perkawinan Anak, Perkawinan Bumil) dari KUA Umbulharjo, Membangun Keluarga Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (KISAK) bersinergi dengan Tim GISA, Membangun Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) bersinergi dengan Kesbangpol. Tentu runtutan inovasi dan strategi yang dilaksanakan tidak luput dari keterlibatan seluruh pemangku kepentingan mulai dari KUA, Koramil, Polsek Umbulharjo, Puskesmas Umbulharjo 1 dan 2 dalam acara ini dapat menjadi poin plus penilaian.

Dengan adanya peningkatan pemahaman orang tua dalam berbagai aspek diharapkan dapat menerapkan pola asuh anak sesuai slogan Asah, Asih, Asuh sehingga remaja di era digital menjadi lebih produktif dan inovatif agar siap menghadapi kemajuan zaman yang semakin canggih.

Tidak ketinggalan, acara turut dimeriahkan oleh anak-anak sekolah dasar yang menampilkan tarian sambutan, berbagai macam stand umkm kain jumputan, lurik, dan shibori. Penghujung acara ditutup oleh penampilan dalang cilik dari Kelurahan Tahunan.