KUNJUNGAN TIM VERIFIKASI LOMBA POSYANDU DI POSYANDU KUNCI 02 GOLO, KELURAHAN PANDEYAN, KEMANTREN UMBULHARJO

Tim Verifikasi Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2022 sesaat tiba di Pendopo Kemantren Umbulharjo disambut Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Yunianto Dwi Sutono dan Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufiq beserta jajaran dilanjutkan kunjungan ke wilayah Posyandu Kunci 02 Golo, Kelurahan Pandeyan, Kemantren Umbulharjo pada Kamis (27/10).

Verifikasi lapangan termasuk dalam rangkaian tahapan lomba yang bertujuan untuk menilai kesesuaian data dan informasi berdasarkan hasil administrasi, paparan yang telah dilaksanakan sebelumnya di Kepatihan pada 12 Oktober 2022 dengan kondisi riil di lapangan.

“Posyandu Golo Kunci 2 merupakan motivator dan fasilitator yang dapat mensinergikan seluruh kebutuhan masyarakat dalam memberikan edukasi, pelatihan, bantuan tenaga ahli, konsultasi, promosi maupu  donasi dengan mengembangkan gagasan dan membangun kemitraan dengan kalangan potensial di wilayah setempat.”, ucap Yunianto Dwi Sutanto memberikan sambutan.

Setelah sambutan dilanjutkan penilaian ke lokasi posyandu yang tidak jauh dari lokasi penyambutan. Saat kunjungan ke wilayah, rombongan tim juri disambut dengan gerakan senam dan yel-yel dari kader posyandu serta gerak lagu dari anak-anak PAUD binaan Posyandu Kunci 02 disertai penyematan kain jumputan.

Acara dilanjutkan kunjungan ke meja-meja administrasi Pokjanal Posyandu Kemantren Umbulharjo, Pokja Posyandu Kelurahan, serta media inovasi yang ada di RW 02. Selama verifikasi, buku administrasi posyandu diperiksa dan dinilai dengan teliti oleh tim juri. Pada lomba kali ini, persiapan lebih matang dan maksimal terutama administrasi yang semakin lengkap karena adanya bantuan dan dukungan dari Pemerintah Kota Yogyakarta.

Posyandu Kunci 02 memiliki beberapa inovasi diantaranya Koin Peduli Pendidikan, Koin Peduli Balita, Ambulan Desa, Donor Darah, Gerakan Sayang Ibu, Dapur Balita Ngluwehi/Mbagehi, PMT Mobile, Kerjasama dengan RS KIA Bhakti Ibu dalam kesehatan Ibu dan Anak (dengan MoU), Kerja sama dengan TK Budi Rahayu dalam hal RTHP (dengan MoU) dan TELOGO 2 (Telegram Online Golo 2). Salah satu yang dinilai juri sangat kreatif inovatif adalah inovasi TELOGO yaitu sistem pencatatan perkembangan balita melalui telegram yang dihubungkan lewat aplikasi dan berharap hal ini bisa menjadi bahan percontohan untuk posyandu lain.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Sumber Daya dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi DIY, Biro Pemberdayaan Masyarakat Provinsi DIY, TP PKK Provinsi DIY, Dinas Kesehatan DIY, TPP PKK Kota Yogyakarta, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, DP3AP2KB, BAPPEDA, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Tata Pemerintahan, Bagian Umum dan Protokol, Dinas Kominfosan, Forkompimka Kemantren Umbulharjo, Lurah se-Kemantren Umbulharjo, Ketua TP PKK Kemantren Umbulharjo dan lainnya.