SEKDA KOTA YOGYAKARTA KUKUHKAN

Yogyakarta selain disebut sebagai Kota Pelajar juga terkenal dengan destinasi wisatannya. Beragam pesona keindahan serta keunikan tersebar di setiap sudut kota yang membuat nyaman para wisatawan. Berbagai jenis wisata pun banyak ditawarkan di Jogja mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, kerajinan dan juga berbagai macam wisata kuliner.

Kemantren Umbulharjo memiliki empat kampung wisata yang tersebar di empat  Kelurahan. Masing-masing memiliki potensi wisata yang harus dikembangkan dan  dipromosikan sehingga Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta pada minggu lalu menggelar pemilihan “Mas & Mbak Kampung Wisata.” Nantinya Mas dan Mbak Kampung Wisata  yang terpilih akan menjadi ujung tombak promosi wisata di setiap kampung.

Selasa (22/11/2022) bertempat di Hotel Pandanaran Yogyakarta, Mas & Mbak Kampung Wisata Tahunan, Warungboto, Pandeyan dan Kali Gajah Wong Giwangan Kemantren Umbulharjo dikukuhkan oleh Sekda Kota Yogyakarta bersama Mas & Mbak dari 14 Kampung Wisata (Kamwis) se-Kota Yogyakarta. 

Ir. Aman Yuriadijaya, M.M, Sekda  Kota Yogyakarta mengatakan bahwa dalam kelembagaan Kamwis harus dimulai dan diperkuat dengan tiga hal yaitu memperbanyak interaksi, kolaborasi dan kuatkan jejaring. Mas & Mbak Kamwis adalah Duta Wisata sekaligus public relations yang harus memiliki kemampuan komunikasi sehingga mampu menghadirkan opini dan image positif mengenai kampung wisata.

“Dengan adanya pengukuhan Mas & Mbak Kampung wisata diharapkan mampu memperkuat eksistensi kampung wisata serta meningkatan perekonomian warga” ucap Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, S.E, M.M.

Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufiq S.I.P, M.Si. memberikan ucapan selamat dan berharap agar Mas dan Mbak Kampung Wisata yang terpilih mampu memperkenalkan, mempromosikan serta meningkatkan nilai jual Kampung Wisata Tahunan, Warungboto, Pandeyan dan Kali Gajah Wong Giwangan baik di tingkat nasional maupun internasional dengan berbagai aspek 5K dan media sosial tentunya.