SARASEHAN FORUM BANK SAMPAH KOTA YOGYAKARTA

Senin (21/11/2022) telah dilaksanakan Sarasehan Forum Bank Sampah bertempat di Pendopo Kemantren Umbulharjo. Pertemuan tersebut dilaksanakan guna membahas meningkatnya jumlah nasabah bank sampah yang harus diikuti peningkatan pengelolaan sampah organik dan anorganik. Hal ini untuk mendukung program “Zero Sampah Anorganik” di tahun 2023.

“Kemantren dan kelurahan turut serta mendukung kegiatan dari program sebelumnya yang sudah dilaksanakan”, ucap Ketua Forum Bank Sampah Kota Yogyakarta. 

Lebih lanjut dijelaskan bahwa pengelolaan sampah di Kemantren Umbulharjo sudah lengkap namun untuk saat ini perlu adanya skala prioritas dalam penanganan sampah dikarenakan persoalan waktu. Hal ini dikarenakan secara matematika TPA Piyungan akan segera ditutup di tahun 2023 dan harus menunggu proyek revitalisasi TPA Piyungan generasi baru yang dilakukan oleh Pemda DIY dan rencananya akan selesai di tahun 2027. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya menurunkan suplai material sampah ke TPA Piyungan agar teknis masa umur TPA Piyungan dapat mundur lagi. Harapan kita mengurangi volume sampah ke piyungan, maka bisa diundur masa pakainya. Sejalan dengan hal itu, Pemerintah Kota Yogyakarta Tahun 2024  juga dapat merealisasikan tempat pengelolaan sampah organik di Gunungkidul. Untuk itu perlu dilakukan dengan cara mengelola sampah terpadu 2023 dengan mengurangi sampah anorganik dengan menggerakan yang namanya "Zero Sampah Anorganik". Tentunya hal ini harus didukung dengan kerja sama dan komunikasi antara Forum Bank Sampah baik di tingkat kemantren maupun RT/RW. Acara dilanjutkan dengan diskusi tentang permasalahan bank sampah di tiap kelurahan untuk dicari solusi bersama.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekda Kota Yogyakarta, Ir. Aman Yuriadijaya, M.M, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekda Kota Yogyakarta Taokhid, S.I.P, M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Drs. Sugeng Darmanto, Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo Rajwan Taufiq, S.I.P, M.Si, 7 Lurah se-Kemantren Umbulharjo, dan fasilitator bank sampah di 7 kelurahan se-Kemantren Umbulharjo.