KEMANTREN UMBULHARJO GELAR SOSIALISASI MUSRENBANG DAN GERAKAN ZERO SAMPAH ANORGANIK (GZSA) KEPADA TP PKK KEMANTREN UMBULHARJO

Selasa (13/12/2022) - Pendopo Kemantren Umbulharjo, telah dilaksanakan persiapan Musrenbang untuk kegiatan TP PKK Kemantren Umbulharjo dan sosialisasi zero waste anorganik. Kegiatan ini dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Umbulharjo, Lurah Se-Kemantren Umbulharjo, Ketua TP PKK Kemantren Umbulharjo beserta anggota, ketua TP PKK Kelurahan Se-Kemantren Umbulharjo dan Struktural Kemantren Umbulharjo. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Mantri Pamong Praja Umbulharjo Rajwan Taufiq S.I.P M.Si. Pertemuan kali ini membahas persiapan anggaran yang berkenaan dengan kegiatan TP PKK untuk tahun 2023.

Pada sesi berikutnya dilanjutkan dengan sosialisasi Gerakan Zero Sampah Anorganik (GZSA) dilanjutkan dengan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) GZSA. GZSA melibatkan berbagai komponen khususnya RW/RT, Bank Sampah, Penggrobag, Pelapak dan tokoh masyarakat yang bertujuan untuk  membangun komitmen bersama pelaksanaan Gerakan Jogja Zero Sampah Anorganik di wilayah masing-masing.

Gerakan Zero Sampah Anorganik merupakan salah satu upaya untuk menjaga lingkungan hidup, khususnya meminimalisir sampah anorganik. Dalam prakteknya, diharapkan metode zero waste anorganik ini mampu mengendalikan penggunaan barang sekali pakai yang sulit terurai. Apabila kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan tentu dapat mengurangi pencemaran lingkungan hidup secara signifikan.

Kegiatan monitoring dan evaluasi Satgas GZSA direncanakan dengan cara pelaporan progress kegiatan GZSA oleh Lurah kepada Walikota Yogyakarta melalui Mantri Pamong Praja setiap awal bulan dan pengadaan rapat koordinasi evaluasi GZSA di minggu pertama setiap bulan.