TP PKK KEMANTREN UMBULHARJO  LAKUKAN SOSIALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DAN LINGKUNGAN BERSIH SEHAT (LBS)

Kemantren Umbulharjo (15/02) bertempat di Pendopo Kemantren Umbulharjo TP PKK Kemantren Umbulharjo  melakukan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Lingkungan Bersih Sehat (LBS). Acara sosialisasi diikuti oleh perwakilan masyarakat dari 7 (tujuh) Kelurahan di Kemantren Umbulharjo yang diantaranya adalah Ketua TP PKK  Kelurahan, Ketua Pokja IV TP PKK Kemantren dan Kelurahan, anggota pokja IV Kemantren dan Kelurahan.

Dalam acara tersebut Mantri Pamong Praja Umbulharjo Rajwan Taufiq, S.I.P., M.Si. sebagai Pembina TP PKK Kemantren Umbulharjo mengucapkan terimakasih kepada kepada peserta yang hadir meskipun di tengah hujan, tak lupa mengingatkan kepada peserta untuk menyampaikan ilmu yang nanti didapat untuk disebarkan ke masyarakat luas. 

Materi yang dipaparkan diantaranya menanamkan kebiasaan memilah sampah dan daur ulang limbah rumah tangga, cara mencuci tangan yang baik dan benar,  meningkatan pengetahuan dan kemampuan masyarakat untuk menggunakan air bersih, jamban sehat, dan memelihara kesehatan lingkungan, serta PHBS di rumah tangga, sekolah, lingkungan, tempat kerja dan sarana kesehatan.

Ketua TP PKK Kemantren Umbulharjo Sri Sudiyanti, A.Md. juga menghimbau bahwa di musim hujan  seperti saat ini untuk tetap menjaga kesehatan mulai dari lingkup yang kecil dan dekat yaitu kesehatan diri, keluarga serta lingkungan kita.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya sosialisasi Pokja IV Kemantren yang tercantum dalam 10 Program Pokok PKK, yaitu Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Sehat individu maupun lingkungannya juga menjadi media informasi dan edukasi untuk mengingatkan kembali tentang pentingnya penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Lingkungan Bersih Sehat (LBS) dalam kehidupan sehari-hari akan sangat baik berdampak pada kesehatan. Dengan ber PHBS dan LBS di tingkat rumah tangga diharapkan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta sebagai anggota TP PKK Kemantren wajib berperan aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat wilayahnya.