Kemantren Umbulharjo Serahkan Ember Tumpuk Untuk Kelola Sampah Organik

Kemantren Umbulharjo - Kamis (15/2/2023) diselenggarakan Pelatihan Pengolahan Sampah Organik di Pendopo Kemantren Umbulharjo. Peserta pelatihan adalah Ketua RW dan Ketua Kelompok PKK RW di 7 Kelurahan Se-kemantren Umbulharjo. 

Acara ini di dibuka oleh Bapak Rajwan Taufiq, SIP, MSi selaku Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan sampah organik merupakan kegiatan dalam mendukung Gerakan Zero Sampah Anorganik yang diadakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Dalam pelatihan juga diberikan ember tumpuk sebagai bahan percontohan media pengolahan sampah organik rumah tangga bagi masyarakat.

Ketua Forum Bank Sampah (FBS) Kota Yogyakarta, Bapak Ir. Aman Yuriadijaya, MM dalam sambutannya mengajak warga Umbulharjo terus berkomitmen untuk mengurangi dan memilah sampah dari sumbernya (rumah tangga). Bahan percontohan berupa ember tumpuk yang akan diterima dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ketua FBS Kota Yogyakarta menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada masyarakat Kota Yogyakarta termasuk Kemantren Umbulharjo dalam mengelola sampah organik dan anorganik sehingga terjadi penurunan sampah yang dibuang ke TPA Piyungan hingga 35 ton per hari.

Penyerahan ember tumpuk secara simbolis diberikan oleh Bapak Ir. Aman Yuriadijaya, MM yang didampingi oleh Bapak Rajwan Taufiq, SIP, MSi beserta Ketua TP PKK Kemantren Umbulharjo kepada perwakilan peserta. Semoga dengan diberikannya fasilitas ember tumpuk, semakin banyak warga rajin memilah sampah organik dan anorganik sehingga sampah yang dibuang ke TPA Piyungan semakin berkurang.