Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (Penangkis) Kemantren Umbulharjo Kembali Dilaksanakan

Umbulharjo (03/05/2023) - Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (Penangkis) Kemantren Umbulharjo yang telah dilaksanakan merupakan kegiatan pertemuan pertama di tahun 2023 yang bertempat di Pendopo Kemantren Umbulharjo. Sebagaimana diketahui dalam Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 23 Tahun 2009, kemiskinan merupakan masalah multidimensi dan multisektor dengan beragam karakteristik yang harus segera diatasi karena menyangkut harkat, martabat, dan hak asasi manusia serta dapat menghambat upaya terwujudnya kesejahteraan umum yang merupakan tujuan dibentuknya negara Republik Indonesia.

 

 

Dalam upaya melaksanakan percepatan penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di Kemantren Umbulharjo dilaksanakan melalui konsolidasi dan harmonisasi berbagai program penanggulangan kemiskinan, salah satunya dengan membentuk Tim Penanggulangan Kemiskinan Kelurahan se-Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta Tahun 2023 yang ditetapkan dalam Keputusan Mantri Pamong Praja Nomor 32 Tahun 2023. 

 

Dalam kesempatan ini Mantri Pamong Praja Umbulharjo Rajwan Taufiq S.I.P M.Si menyampaikan berkenaan tugas dan kewajiban tim Penangkis Kemantren dan Kelurahan, antara lain mengisi form laporan pelaksanaan kegiatan dalam yang dilaksanakan setiap pertiwulan dari Bappeda. Pembagian ketugasan pun dibedakan menjadi 2 untuk tim penangkis ASN mengisi kegiatan pemberdayaan sesuai yang ada di DPA sedangkan yang non ASN bisa membuat laporan terkait kegiatan pemberdayaan lain yang berkaitan dengan penanganan dan penanggulangan kemiskinan di wilayah diluar DPA. 

 

TKSK Kemantren Umbulharjo juga memaparkan data permasalahan sosial dan kemiskinan yang ada di Kemantren Umbulharjo, data tersebut dapat menjadi tolak ukur tim penangkis dalam membuat laporan.

 

Diharapkan dengan adanya laporan yang dikumpul tepat waktu dapat menjadi gambaran tentang kondisi kemiskinan di Kemantren Umbulharjo dan pelaksanaan koordinasi dalam implementasi program penanggulangan kemiskinan di Kemantren Umbulharjo di tahun 2023 ini.