MUDA MUDI UMBULHARJO IKUT MERIAHKAN FESTIVAL KARAWITAN TINGKAT KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023

Karawitan adalah kesenian musik tradisional jawa mengacu pada permainan musik gamelan yang dikemas dengan alunan instrumen dan vokal yang indah sehingga nyaman untuk didengar dan dinikmati.

 

Karawitan Gaya Yogyakarta merupakan salah satu wujud kekayaan serta bukti keluhuran budaya dan peradaban Yogyakarta yang memperkuat keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan pemeliharaan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan seni karawitan di Yogyakarta direncanakan dan dilaksanakan secara terstruktur dan konsisten mulai dari kapanewon/kemantren hingga daerah.

 

Festival Karawitan Tingkat Kota Yogyakarta 2023 diselenggarakan Kamis, 11 Mei 2023 di Pendopo Universitas Widya Mataram Yogyakarta dimulai pukul 09.00 dengan Kemantren Umbulharjo sebagai penampil nomor satu. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, S.Sos., M.M. “Ajang festival karawitan di tingkat Kota Yogyakarta ini akan kami seleksi untuk nantinya kami pilih sebagai perwakilan Kota Yogyakarta mengikuti kompetisi tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.”, ucapnya memberikan sambutan.

 

Pada kesempatan ini Kemantren Umbulharjo mengirimkan kontingen sejumlah 30 orang (putra-putri) terdiri dari 7 kelurahan se-Kemantren Umbulharjo yang didahului dengan adanya seleksi terhadap putra-putri yang mempunyai kompetensi dan keterampilan di bidang karawitan. Gending yang dibawakan saat kompetisi diantaranya gending wajib jineman “Uler Kambang” kalanjenganken ldr. Kenyo Wibowo dan Gending pilihan “Mbangun Kutho” ladrang Kenyo Wibowo.

 

Lestari Budayaku!!