KEMANTREN UMBULHARJO SAJIKAN TARIAN BERTEMAKAN BATHARA GURU DAN PARA BIDADARI DALAM GELARAN EVENT WJNC #8

Kontingen Kemantren Umbulharjo  pada perhelatan akbar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #8 dalam rangka HUT Kota Yogyakarta  ke 267  menampilkan suguhan dengan tema Bathara Guru dan Para Bidadari  pada Sabtu (07/10/2023).

Mengisahkan Bathara Guru yang diiringi oleh para dewa dan bidadari-bidadari kayangan turun ke jagat untuk menyaksikan upacara Mahabisheka yang dilakukan oleh Pandawa karena telah berhasil mengalahkan Kurawa dalam sebuah pertempuran besar untuk menjadikan jagat raya menjadi aman tentram gemah ripah loh jinawi tata titi tentrem kerta raharja.

Penampilan ini merupakan hasil garapan dari seniman Umbulharjo yang tergabung dalam Forum Komunikasi Paguyuban Kesenian Cantrik Umbul yang beranggotakan warga masyarakat Umbulharjo. Selain turut berpartisipasi dalam memeriahkan HUT Kota Yogyakarta melalui event WJNC, kegiatan ini juga merupakan ajang memunculkan potensi dan bakat seni yang dimiliki warga Kemamtren Umbulharjo melalui seleksi internal sebelumnya. Penampilan yang melibatkan 60 penari tersebut berhasil berjalan apik dan meriah dengan mengusung maskot lembu andini yang konon dalam cerita pewayangan merupakan kendaraan Bhatara Guru.

Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) merupakan masterpiece event Kota Yogyakarta yang sukses digelar untuk kedelapan kalinya, mengusung tema besar Pandhawa Mahabisheka yang mencerminkan filosofi kepemimpinan bijaksana serta rasa syukur pada Sang Pencipta, yang dibuka secara langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan dihadiri oleh Penjabat Walikota Yogyakarta Singgih Raharja, S.H., M.Ed.

Video selengkapnya dapat dilihat melalui tautan berikut. Klik di sini