TIM EKK LAKUKAN KLARIFIKASI LAPANGAN DI KEMANTREN UMBULHARJO

Umbulharjo – Selasa (10/10/2023) telah dilaksanakan penerimaan Tim Evaluasi Kinerja Kemantren (EKK) di Pendopo Kemantren Umbulharjo dalam rangka klarifikasi lapangan. EKK sendiri merupakan wujud dari pelaksanaan pembinaan, pengawasan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kemantren di Kota Yogyakarta. Pelaksanaan EKK ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan dan ditindaklanjuti dengan adanya Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor 382 Tahun 2022 tentang Pedoman Evaluasi Kinerja Kemantren (EKK).

 

Klarifikasi lapangan merupakan tahap kedua setelah tahap penilaian administrasi yang telah diunggah di SIKEREN (Sistem Informasi Kinerja Kemantren) pada 11-29 September 2023 lalu. Data yang diunggah meliputi penyelenggaraan tugas atributif,  tugas delegatif, pemerintahan umum, pelayanan administrasi terpadu (PATEN), tata kelola pemerintahan, serta inovasi, prestasi dan penghargaan.

 

Dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Yunianto Dwi Sutono, Mantri Pamong Praja Umbulharjo Rajwan Taufiq, Forkopimca Kemantren Umbulharjo, Ketua TP PKK Kemantren Umbulharjo, Lurah se-Kemantren Umbulharjo, Ketua LPMK Kelurahan Pandeyan dan Giwangan, serta turut mengundang perwakilan dari lembaga lainnya seperti Forum Bank Sampah, Forum Kemantren Layak Anak, Forum Kemantren Sehat, Pokja Bunda PAUD, Promkes Puskesmas Umbulharjo 1 dan 2, Pendamping JBM Kemantren, kader GISA, PKH, TKSK, Penyuluh KB, SIGRAK, FKDM, FPK, Mitra Keluarga Kemantren dan Kelompok Karawitan Kusumo Laras Umbulharjo sebagai pengiring alunan gamelan pada saat verifikasi dilaksanakan.

Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufiq menyampaikan sambutan selamat datang kepada Tim EKK dilanjutkan sambutan dari Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta, Bapak Yunianto Dwi Sutono. Selanjutnya, Mantri Pamong Praja menyampaikan paparan singkat mengenai kinerja Kemantren Umbulharjo di tahun 2023 dilanjutkan kunjungan dari Tim EKK pada stand-stand Sekretariat, Jawatan Umum, Jawatan Praja, Jawatan Ketertiban, Jawatan Kemakmuran, Forkopimca, Jawatan Sosial dan lembaga-lembaga lain guna melakukan verifikasi faktual.

Setelah Tim EKK selesai memberi penilaian, acara ditutup dengan pesan dan kesan. Hasil nilai nantinya akan menjadi pemeringkatan kinerja terbaik dari 14 kemantren se-Kota Yogyakarta sehingga evaluasi ini menjadi ukuran penting bagi kemantren untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan bagi masyarakat.