KEMANTREN UMBULHARJO SELENGGARAKAN PEMBINAAN RELAWAN KEBAKARAN

Selasa (24/09/2022), bertempat di Pendopo Kelurahan Giwangan, sejumlah 40 orang Relawan Kebakaran (Redkar) se-kemantren umbulharjo dikumpulkan oleh Jawatan Keamanan Kemantren Umbulharjo untuk diberikan tambahan pengetahuan dan ketrampilan tentang tata cara penanggulangan kebakaran dan penanganan masalah kegawatdaruratan. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai tatakala anggaran yang terdapat dalam DPA Kemantren Umbulharjo tahun 2024 untuk pemberdayaan dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Yang menarik pada pertemuan tersebut yaitu sewaktu diberikan contoh praktek penanganan pada kecelakaan serangan jantung atau tenggelam yaitu tehnik pertolongan pertama pada kondisi nafas berhenti dengan menekan dada berkali-kali supaya jantung kembali berdenyut (cardiopumonary resuscitation). Hampir semua relawan kebakaran (Redkar) antusias mengikuti dan mencoba praktek langsung bagaimana cara menekan dada korban kecelakaan.

Hadir pada acara Penyuluhan Pembinaan Redkar ini yaitu dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta yang diwakili oleh Wisnu dan Isharyono, Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo Rajwan Taufik SIP Msi, Kasi Trantib Kelurahan se-Kemantren Umbulharjo, Relawan Pemadam Kebakaran (RedKar) Kelurahan-kelurahan, Koordinator Relawan Pemadam Kebakaran (RedKar) Kemantren Umbulharjo, BKO Pol PP dan Linmas Kemantren Umbulharjo.

Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan  Taufik SIP Msi dalam sambutannya menyampaikan bahwa ketugasan Relawan Pemadam Kebakaran (RedKar) ini memang tidak hanya jika terdapat kejadian kebakaran saja tetapi jika terdapat kejadian kegawat daruratan lainnya seperti pertolongan kecelakaan dalam sumur, jatuh dari pohon, dll.

Pada kegiatan penyuluhan ini, para Relawan Pemadam Kebakaran (RedKar) diberikan materi tentang penanganan kejadian kegawat daruratan yang nantinya akan diberikan oleh 4 narasumber dari PSC 119 YES (Public Safety Center 119 Yogyakarta Emergency Service) yaitu Dr. Alif Rasyid Humanindio sebagai narasumber pertama menyampaikan materi tentang Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support and First Aid Training), Meita Kunta Bedinika, Amd.Kep sebagai narasumber kedua menyampaikan materi tentang Trauma Hiling Bagi Korban Kecelakaan, Rino Prastyo Utomo, Amd.Kep sebagai narasumber ketiga menyampaikan materi tentang Evakuasi Korban Kecelakaan dalam Kondisi Darurat, Selanjutnya Rizqy Adi Nugraha , Amd.Kep sebagai narasumber terakhir menyampaikan materi tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).