TIM EVALUASI PERKEMBANGAN KELURAHAN LAKUKAN VERIFIKASI LAPANGAN DI KELURAHAN PANDEYAN KEMANTREN UMBULHARJO

Keren, lucu dan menggemaskan. Demikian kesan sebagian anggota Tim Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tingkat Kota Yogyakarta ketika disambut oleh Tim Angklung dari TK Sang Timur. Penampilan ini menjadi pembuka dalam acara Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tingkat Kota Yogyakarta di Kelurahan Pandeyan yang dilaksanakan Rabu, 24 April 2024.

Penilaian dalam Evaluasi Perkembangan Kelurahan dilakukan beberapa tahap, yaitu penilaian administrasi, paparan lurah, serta klarifikasi berupa kunjungan lapangan. Kelurahan Pandeyan, sebagai wakil dari Kemantren Umbulharjo menjadi 1 dari 5 kelurahan yang lolos dalam penilaian administrasi dan paparan lurah, sehingga berhak mengikuti tahap kunjungan lapangan.

Evaluasi Perkembangan Kelurahan (Lomba Kelurahan) dilaksanakan sebagai salah satu evaluasi terhadap kinerja pemerintahan kelurahan, dengan menilai upaya dan keberhasilan pembangunan. Indikator penilaian meliputi pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan.

Potensi-potensi yang ada di Kelurahan Pandeyan ditampilkan optimal oleh lembaga-lembaga kemasyarakatan yang ada. Demikian juga pengisi acara mulai dari MC, penampilan tari tradisional, bregada dan paduan suara sepenuhnya ditampilkan secara apik oleh warga masyarakat Pandeyan di depan tim penilai.

Penyajian administrasi di kelurahan didukung eksposisi dari lembaga-lembaga kemasyarakatan seperti Gapoktan, Bank Sampah, LPMK, PKK, Posyandu serta lembaga lainnya diharapkan dapat menyajikan kondisi sesungguhnya dari potensi dan perkembangan Kelurahan Pandeyan.

Semoga kegiatan ini memberikan manfaat  sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan kinerja pemerintahan dan lembaga kemasyarakatan yang ada.