KEMANTREN UMBULHARJO DUKUNG KARANG TARUNA BERWIRAUSAHA KEDAI KOPI KEKINIAN UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA

Umbulharjo – Kemantren Umbulharjo merupakan salah satu wilayah yang mempunyai daya tarik wisata di Kota Yogyakarta. Banyak destinasi wisata yang menarik dikunjungi bagi wisatawan, seperti Bendung Lepen & Dermaga Cinta, Embung Giwangan, Situs Tuk Umbul Warungboto, XT Square dan lainnya. Untuk menunjang kegiatan pariwisata tersebut, Kemantren Umbulharjo menginisiasi pemuda-pemudi melalui Karang Taruna Kemantren dan Kelurahan agar dapat membuka peluang kerja untuk berwirausaha, salah satunya dengan membuka usaha Kopi Kekinian yang baru ngetrend saat ini.

 

Sebanyak 25 peserta dari pemuda-pemudi Karang Taruna Kemantren dan Kelurahan mengikuti Workshop Pengelolaan Kedai Kopi Kekinian di Pendopo Kemantren Umbulharjo pada Rabu (15/05/2024). Acara dibuka oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufiq. “Dengan adanya workshop ini pemuda-pemudi karang taruna mampu menambah wawasan apabila akan membuka usaha di bidang kopi sehingga dapat menciptakan peluang kerja dan menambah penghasilan.”, ucapnya memberikan sambutan.

 

Anas dari Shelter Sambat sebagai salah satu narasumber menyampaikan kiat-kiat usaha kopi agar bisa menarik pengunjung dan berkesinambungan dalam usaha bidang kopi, seperti gaya busana barista, desain tempat usaha yang menarik, pemutaran jenis musik, 3 S (Senyum, Salam, Sapa), dan ide-ide menarik yang lainnya.

 

Antusiasme peserta untuk belajar mengenal dan membuat kopi sangat tinggi. Dalam workshop ini juga dipraktikkan pembuatan berbagai racikan kopi yang diikuti oleh seluruh peserta workshop. Dari mengenal berbagai macam jenis kopi, kemudian sampai praktek membuat kopi yang dikombinasi dengan bahan penunjang lainnya.

 

Dengan adanya workshop ini harapannya mampu menambah wawasan dan kemampuan pemuda-pemudi dalam bidang kopi diwilayah Kemantren Umbulharjo sehingga mampu menjadi wirausahawan muda yang mandiri dan mendukung kegiatan pariwisata di Kota Yogyakarta.