WUJUDKAN KEMANDIRIAN EKONOMI, KEMANTREN UMBULHARJO ADAKAN PELATIHAN ECOPRINT

Umbulharjo – Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Bapak Rajwan Taufiq, membuka Pelatihan Ecoprint yang diikuti sebanyak 25 peserta di Pendopo Kemantren Umbulharjo. Peserta pelatihan adalah penyandang disabilitas dan pendamping di tiap-tiap kelurahan serta melibatkan pengurus Forum Kemantren Inklusi Kemantren Umbulharjo dengan tujuan untuk meningkatkan ketrampilan dan pemberdayaan ekonomi bagi penyandang disabilitas beserta pendampingnya. Pelatihan ini dilakukan selama dua hari pada 21 – 22 Mei 2024 dengan instruktur dari NGELAK CRAFT yaitu Ibu Khotimah Nurjamiatun dan Ibu Martini.

 

Metode Ecoprint sendiri merupakan teknik pencetakan alami yang menggunakan daun-daun dan bahan-bahan organik lainnya untuk mencetak pola atau gambar pada kain atau media lainnya. Dalam pelatihan ini, para peserta diajarkan cara memilih dan menyiapkan daun-daun yang tepat, mengolah pewarna alami, dan menerapkan teknik pencetakan untuk mendapatkan hasil yang bagus.

 

Peserta diajak praktek langsung dalam proses pembuatan ecoprint, dari mulai menyiapkan kain, menempelkan dedauan, menggulung kain, merebus kain serta membuka gulungan sampai jadi kain ecoprint yang siap untuk digunakan.

 

Pelatihan ini diikuti peserta dengan antusias dan gembira. Di samping mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk membuat kain ecoprint, peserta juga medapatkan hasil kain ecoprint yang telah dibuat mereka sendiri dengan berbagai motif yang menarik.

 

Besar harapan dengan adanya pelatihan ecoprint, penyandang disabilitas dan pendampingnya mampu mempunyai kemandirian berusaha sehingga membuka peluang sumber penghasilan tambahan bagi keluarga serta dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian mereka.