KEMANTREN UMBULHARJO MERIAHKAN JOGJA CROSS CULTURE 2024 DENGAN SUKA RIA BERGEMBIRALOKA

Ribuan pengunjung dan riuh tepuk tangan menggema di sepanjang jalan Malioboro Yogyakarta menyaksikan event Jogja Cross Culture (JCC) pada 25/05/2024 malam.  Ditahun ini JCC 2024 yang diikuti oleh 14 Kemantren di Kota Yogyakarta, mengangkat tema "Rikat Rakit  Raket" sebagai semangat utama. Tema ini mencerminkan budaya gotong royong dan kerja sama yang kuat dalam masyarakat Yogyakarta. Kemantren Umbulharjo ikut memeriahkan dengan tema “Suka Ria Bergembiraloka" yang berada di panggung nomor empat yang berada di seberang kantor DPRD DIY.

 

Dalam pembukaan Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto mengatakan  "Kolaborasi penampilan 14 Kemantren ini bertujuan untuk meningkatkan ekosistem branding Kota Yogyakarta. Ini juga menjadi ikon promosi dan peluang menarik bagi para pelaku usaha dan seniman di Yogyakarta,"

 

Kemantren Umbulharjo membawakan pertunjukan seni yang memukau dan penuh keceriaan, mengundang decak kagum para pengunjung dengan menghadirkan pertunjukan seni yang beragam, mulai dari tari kreasi Jumputan, magic show, hadroh, bregodo, jatilan kreasi, keroncong, hingga painting performance. Pertunjukan semakin spesial dengan kolaborasi bersama Gembira Loka Zoo Yogyakarta. Pengunjung bisa berfoto langsung dengan beberapa binatang secara gratis hal inilah membuat panggung Kemantren Umbulharjo menjadi unik. Perpaduan seni dan keceriaan Gembira Loka Zoo membawa suasana yang meriah dan penuh semangat di panggung JCC 2024.

 

Menurut Yetti Martanti, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, JCC 2024 tak hanya menjadi pertunjukan seni, tetapi juga laboratorium seni dan ruang ekspresi bersama. "Acara ini menghadirkan kolaborasi para seniman lokal dari 14 Kemantren di Kota Yogyakarta dan menjadi panggung terpanjang untuk menampilkan potensi yang dimiliki setiap wilayah," jelasnya.

 

Lebih dari Sekedar Pertunjukan, JCC 2024 Memperkuat Semangat Gotong Royong dan Semangat Yogyakarta. JCC 2024 bukan hanya tentang pertunjukan seni yang memukau. Lebih dari itu, acara ini menjadi wadah untuk memperkuat semangat gotong royong dan kolaborasi antar wilayah di Yogyakarta. Antusiasme masyarakat yang tinggi menunjukkan bahwa JCC 2024 telah sukses menjadi wadah bagi para seniman dan masyarakat Yogyakarta untuk berkarya dan bersatu. JCC 2024 diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk menyelenggarakan acara serupa di masa depan, dan terus memperkuat identitas dan semangat Yogyakarta sebagai kota seni dan budaya yang kaya.