WORKSHOP PERLINDUNGAN ANAK KEMANTREN UMBULHARJO TEKANKAN PENTINGNYA 8 FUNGSI KELUARGA DALAM MELINDUNGI ANAK

Masa depan bangsa Indonesia terletak pada generasi muda saat ini. Oleh karena itu penting memberikan perlindungan dan pembinaan yang optimal bagi anak-anak. Hal inilah menjadi fokus utama dalam kegiatan Workshop Perlindungan Anak yang diadakan di pendopo Kemantren Umbulharjo (06/06/2024) pagi ini yang diikuti oleh 35 peserta dari berbagai kalangan yaitu TP PKK Kemantren, Pokja 1 Kemantren dan Kelurahan, Mitra Keluarga, PATBM dan perwakilan keluarga rentan yang mempunyai usia anak. 

 

 “Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perlindungan anak. Kita bersama-sama berkomitmen untuk berperan aktif dalam melindungi anak-anak di keluarga dan lingkungan sekitar sehingga dapat terwujud generasi yang sehat, cerdas, dan berkarakter” ujar Mantri Pamong Praja Umbulharjo Rajwan Taufiq, S.I.P., M.Si. dalam sambutannya.

 

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber yang kompeten dibidangnya yaitu Sri Sudiyanti, Novia  Rukmi, S.IP. dan Wuri Astuti Marso. Salah satu materi yang menarik perhatian peserta adalah tentang penanggulangan kenakalan remaja yaitu Wuri Astuti Marso dari TP PKK Kota Yogyakarta, menjelaskan bahwa kenakalan remaja merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat. Faktor-faktor penyebab kenakalan remaja beragam, seperti kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua, pergaulan yang tidak sehat, serta pengaruh media sosial yang negatif. Maka, perlu ditekankan akan pentingnya menguatkan 8 fungsi keluarga dalam upaya melindungi anak-anak. Delapan fungsi keluarga tersebut adalah:

 

1. Fungsi KeagamaanMenanamkan nilai-nilai agama dan moral kepada anak-anak.

2. Fungsi Sosial Budaya: Memperkenalkan budaya dan tradisi kepada anak-anak, serta membimbing mereka untuk menjadi anggota masyarakat yang baik.

3. Fungsi Cinta Kasih: Menciptakan suasana keluarga yang penuh kasih sayang dan rasa aman bagi anak-anak.

4. Fungsi Perlindungan: Melindungi anak-anak dari bahaya fisik, emosional, dan seksual.

5. Fungsi Reproduksi: Membimbing anak-anak tentang reproduksi dan seksualitas secara bertanggung jawab.

6. Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan: Membantu anak-anak dalam proses belajar dan perkembangannya.

7. Fungsi Ekonomi: Memenuhi kebutuhan dasar anak-anak, seperti sandang, pangan, dan papan.

8. Fungsi Pembinaan Lingkungan: Mengajarkan anak-anak untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Memperkuat 8 fungsi keluarga adalah upaya yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang. Keluarga merupakan benteng utama dalam melindungi anak-anak dari berbagai macam bahaya dan pengaruh negatif.