KEMANTREN UMBULHARJO FASILITASI PENGEMBANGAN USAHA EKONOMI MASYARAKAT LEWAT BATIK TULIS

Pelatihan Batik Tulis yang diselenggarakan di Pendopo Kantor Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta pada tanggal 19-20 Juni 2024 merupakan salah satu kegiatan fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat di Kemantren Umbulharjo.
 
Kegiatan tersebut merupakan usulan masyarakat melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023. Peserta pelatihan sebanyak 25 orang terdiri dari anggota Forum Komunikasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kemantren Umbulharjo. Instruktur pelatihan adalah praktisi batik tulis di wilayah Kemantren Umbulharjo.

Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo Bapak Rajwan Taufiq, S.I.P, M.Si dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar pelatihan ini dapat menambah ketrampilan dan keahlian pelaku UMKM demi peningkatan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat sehingga dapat memperkecil ketimpangan pendapatan masyarakat di Kota Yogyakarta.

Dalam pelatihan ini peserta diajarkan teknik mencanting dengan benar, proses pewarnaan batik dan “pelorotan” malam (menghilangkan malam dari kain) sehingga dapat menghasilkan batik yang berkualitas. Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dan berharap ada pelatihan tingkat lanjutan agar kemampuan mereka semakin meningkat dan keahlian ini bisa dijadikan tambahan penghasilan.

Salah satu tantangan bagi pengrajin batik adalah pembuangan limbah yang dihasilkan dari proses membatik. Untuk itu dalam pelatihan ini digunakan pewarna alam sehingga limbah yang dihasilkan tidak merusak lingkungan.