KEMANTREN UMBULHARJO BERPARTISIPASI DI FESTIVAL TEATER YOGYAKARTA DENGAN LAKON

Kemantren Umbulharjo turut menyemarakkan Festival Teater Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2024 dengan menampilkan lakon bertajuk "Nyemar Nyamar" pada hari pertama (17/07/2024) di gedung Societet Militair Taman Budaya Yogyakarta. Festival Teater yang mengangkat tema "PANJI" ini menjadi ajang kompetisi berjenjang bagi 14 Kemantren se-Kota Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan kota Yogyakarta.

Lakon "Nyemar Nyamar" yang diangkat kontingen Kemantren umbulharjo menceritakan kisah tentang para tokoh dalam legenda Panji yang berusaha mencari jati diri dan tempatnya di tengah masyarakat. Cerita disutradarai oleh Dimas Aditya, tim produksi Warih Nugroho, penulis naskah Niky Nazaready, penata artistik Papy, Penata iringan Dosik Septian, Penata Cahaya Setya Merdeka, dan coordinator pemain Purnomo. Menghadirkan 13 pemain dari warga di Kemantren Umbulharjo yang bertalenta muda yang penuh potensi di dunia peran dan teater, siap menunjukkan kebolehan mereka di atas panggung, yaitu Dimas Aditya Wijaya (Panji), Ahmad Andaru Tetuka (Tri), Samanera Gautama (Aji), Afif Hezaputra (Bima), Raine Frizcha Nento (Galuh), Zaviola Alvedra Hermawati (Zulekah) Valentina Vebrianti (Nency), Vanda Veliza (Sri), Ragil Wahyu (Badrun),  Anna Putri (Renjana), Sabrina Dewi (Tia), dan Anna Alimatus (Yati).

Kegigihan dan semangat para pemain muda KemantrenUmbulharjo patut diapresiasi. Mereka telah berlatih dengan tekun dan penuh dedikasi untuk menampilkan pertunjukan terbaik di hadapan para juri dan penonton. Keikutsertaan mereka dalam festival ini merupakan bukti nyata komitmen Kemantren Umbulharjo dalam mengembangkan potensi seni teater di wilayahnya.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Ibu Yetti Martanti, menaruh harapan besar pada festival ini. "Melalui festival ini, diharapkan lahir seni teater berkualitas yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat terkini dan mendatang," tegas Ibu Yetti. Festival Teater Tingkat Kota Yogyakarta kali ini memperebutkan predikat Juara 1, Juara 2, dan Juara 3. Selain itu, terdapat pula penghargaan perorangan untuk kategori Sutradara terbaik, Penulis Naskah terbaik, serta Pemeran Utama Pria dan Wanita Terbaik. "Selamat berkompetisi untuk setiap kelompok yang mewakili Kemantren, semoga dapat menunjukkan kekuatan potensi dan kualitas saji seni Teater secara maksimal dengan kemampuan terbaik yang mereka miliki yang dihimpun untuk mencapai prestasi terbaik sehingga kegiatan pelestarian, pembinaan dan pengembangan seni teater dapat lebih terstruktur dan terukur."