WUJUDKAN GENERASI SEHAT KEMANTREN UMBULHARJO IKUT LAKSANAKAN PIN POLIO

Dalam rangka mewujudkan generasi sehat bebas polio dan peringatan Hari Anak Nasional Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI kembali menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio serentak di Indonesia, termasuk Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Upaya ini dilakukan sebagai respon atas Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di beberapa wilayah dan untuk mencapai generasi sehat bebas polio. Mantri Pamong Praja Umbulharjo, Rajwan Taufiq, S.IP., M.Si. pagi ini (23/07/2024) di pendopo Kemantren memberikan tetes vaksin polio pertama di wilayahnya, menandai dimulainya pelaksanaan PIN Polio putaran pertama di Kemantren Umbulharjo.

Pelaksanaan PIN Polio dibagi menjadi dua putaran. Putaran pertama berlangsung pada tanggal 23 hingga 29 Juli 2024, dan putaran kedua pada tanggal 6 hingga 12 Agustus 2024 dengan menargetkan seluruh anak usia 0 hingga 7 tahun.  Vaksin polio yang digunakan dalam PIN ini adalah vaksin novel Oral Polio Vaccine type 2 (nOPV2) yang aman dan efektif untuk melindungi anak-anak dari penyakit polio.

Berbagai upaya dilakukan seperti sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya imunisasi polio dan manfaatnya bagi kesehatan anak untuk memastikan kelancaran pelaksanaan PIN Polio 2024, Kemantren Umbulharjo bekerja sama dengan puskesmas Umbulharjo I dan II, kader posyandu, sekolah, dan berbagai organisasi kemasyarakatan untuk menjangkau seluruh anak di wilayah Umbulharjo. Antusiasme masyarakat dalam mengikuti PIN Polio di Kemantren Umbulharjo cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya anak-anak yang dibawa oleh orang tua atau guru-guru mereka ke pos-pos imunisasi. Masyarakat merasa senang karena vaksin polio yang dapat melindungi anaknya dari penyakit polio diberikan secara gratis dan pelayanan yang bagus.

Kemantren Umbulharjo menargetkan pelaksanaan PIN Polio putaran pertama ini sebanyak 6.388 anak dengan sebaran di tujuh kelurahan yaitu Kelurahan Semaki dilaksanakan 24 Juli 2024 (target 1037 anak), Kelurahan Muja Muju dilaksanakan 23 Juli 2024 (target 678 anak), Kelurahan Tahunan dilaksanakan 25 Juli 2024 (target 651 anak), Kelurahan Warungboto dilaksanakan 23-24 Juli 2024 (target 564 anak), Kelurahan Pandeyan dilaksanakan 25, 26, 27, dan 29 Juli 2024 (target 977 anak), Kelurahan Sorosutan dilaksanakan 23-25 Juli 2024 (target 1366 anak) dan Kelurahan Giwangan dilaksanakan 23-29 Juli 2024 (target 1115 anak).


Pelaksanaan PIN Polio di Kemantren Umbulharjo merupakan salah satu wujud nyata komitmen pemerintah dalam melindungi kesehatan anak-anak dan mewujudkan generasi bangsa yang sehat, cerdas, dan berkarakter. Dengan kerjasama semua pihak, diharapkan Indonesia dapat segera terbebas dari polio dan anak-anak Indonesia dapat hidup sehat dan bahagia.  Berikut adalah beberapa manfaat PIN Polio yaitu (1) Melindungi anak-anak dari penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen (2) Meningkatkan kekebalan kelompok (herd immunity) sehingga dapat mencegah penularan virus polio dan (3) Mewujudkan generasi bangsa yang sehat dan bebas dari polio.


Mari bersama kita dukung PIN Polio untuk mewujudkan Indonesia bebas polio!