MOTIVASI ANAK KPM PKH KEMANTREN UMBULHARJO UNTUK MERAIH KESUKSESAN DI ERA DIGITAL

Berdasarkan data terbaru pada periode Mei hingga Juni 2024 tercatat 422 pelajar SMA sederajat dari keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) yang tersebar di tujuh kelurahan di wilayah Kemantren Umbulharjo. Dimana anak SMA sederajat akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 500.000 per tahap atau setara dengan Rp 2 juta per tahun. Program ini memberikan dukungan yang signifikan untuk memastikan pendidikan mereka terus berjalan dengan baik. Bantuan finansial ini bertujuan untuk meringankan beban biaya pendidikan dan kebutuhan sehari-hari mereka, sehingga mereka dapat fokus pada studi dan mencapai potensi terbaik mereka. Sebagai untuk mendukung pelajar dan menunjukkan komitmen kuatnya dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, Kemantren Umbulharjo siang ini (30/07/2024) menyelenggarakan acara motivasi bertajuk "Motivasi Anak KPM PKH di Era Digital" di Pendopo Kemantren Umbulharjo dan dihadiri oleh 35 peserta dari anak-anak KPM PKH berusia SMA sederajat.

Acara dibuka oleh Mantri Pamong Praja, Rajwan Taufiq, S.I.P., M.Si, yang menekankan pentingnya memanfaatkan teknologi digital dengan bijaksana. Dalam sambutannya, Rajwan menggaris bawahi perubahan signifikan yang terjadi saat ini, di mana hampir semua usia memiliki akses ke dunia maya melalui handphone. “Kita harus pandai memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada supaya menjadi generasi bangsa yang sukses di masa mendatang,” ujar Rajwan.

Acara motivasi ini menghadirkan tiga narasumber berkompeten yang membagikan pengetahuan dan keterampilan penting kepada peserta. Mutia Dewi dari Forum PUSPA (Forum Partisispasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak) menyampaikan materi tentang Kekerasan Gender Berbasis Online (KGBO). Dijelaskan tantangan kekerasan berbasis gender di dunia maya, serta cara mengenali, mencegah, dan melaporkan kekerasan online, memberikan peserta alat dan strategi untuk melindungi diri mereka. Selanjutnya Yoppy Riskiade dari Forum PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga) membahas Konsep Diri Remaja. Yoppy memberikan panduan untuk membangun konsep diri yang positif, penting bagi remaja dalam membuat keputusan bijaksana dan menghadapi tantangan dengan percaya diri untuk meraih kesuksesan meskipun kita dalam keterbatasan ekonomi. Terakhir disi oleh Suparmiatun, koordinator PKH Kemantren Umbulharjo, berbagi informasi mengenai Program Keluarga Harapan (PKH) dan Manfaatnya bagi Pendidikan Anak. Suparmiatun menjelaskan bagaimana program ini mendukung pendidikan anak-anak dari keluarga penerima manfaat dan cara memanfaatkan bantuan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Diharapkan anak-anak KPM PKH di Kemantren Umbulharjo melalui kegiatan ini bias mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang cara memanfaatkan teknologi dan dukungan yang tersedia untuk mereka, dapat lebih siap menghadapi tantangan di era digital dan memanfaatkan setiap kesempatan untuk meraih kesuksesan di masa depan. Kegiatan ini mencerminkan komitmen Kemantren Umbulharjo dalam membentuk generasi muda yang cerdas, mandiri, dan siap menghadapi era digital.