Jadi Ajang Promosi, Kemantren Umbulharjo Kembali Menyelenggarakan Event Gelar Potensi

Yogyakarta (09/08/2024) – Kemantren Umbulharjo kembali menyelenggarakan event tahunan Gelar Potensi pada 9 - 10 Agustus 2024 di XT Square Yogyakarta. Acara ini merupakan ajang untuk menampilkan potensi tiap kelurahan yang ada di wilayah Kemantren Umbulharjo.

Acara dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta yang diwakili Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta, Subarjilan, S.I.P., M.Si., Mantri Pamong Praja Umbulharjo, Rajwan Taufiq, S.I.P., M.Si, Forkompimtren Umbulharjo, Ketua TP PKK Kemantren Umbulharjo, Lurah se-Kemantren Umbulharjo beserta jajaran, staf kemantren serta masyarakat di wilayah Kemantren Umbulharjo.

Acara diawali dengan penampilan seni musik angklung dari SD Sang Timur dilanjutkan penampilan seni tari Sekar Pudyastuti dari Sanggar Tari Pandeyan. Acara dibuka oleh Mantri Pamong Praja Umbulharjo secara simbolis dengan pemukulan kenong. 

Rangkaian acara gelar potensi terdiri dari penampilan kesenian dari tiap Kelurahan meliputi seni tari tradisional dan seni musik, lomba mewarnai tas spunbound untuk anak PAUD, TK, dan SD Kelas 1 & 2, lomba stan UMKM, Gapoktan dan Bank Sampah, cek kesehatan gratis, pasar murah, pendampingan pembuatan serifikasi halal oleh KUA Umbulharjo serta doorprize menarik yang semakin meningkatkan antusiasme warga. Tidak hanya itu, acara turut dimeriahkan oleh penampilan dari bintang tamu yaitu ML Project Band.

Gelar potensi Kemantren Umbulharjo tahun ini diikuti 28 UMKM, gabungan kelompok tani (gapoktan) kelurahan se-Kemantren Umbulharjo, Bank Sampah Kelurahan se-Kemantren Umbulharjo, Bulog dan Puskesmas. Hasil potensi yang ditampilkan pun beragam mulai dari bidang pemanfaatan daur ulang sampah, batik shibori dan ecoprint, kuliner khas Kelurahan se-Kemantren Umbulharjo, minuman tradisional, berbagai macam tanaman hias, produk unggulan kampung wisata, hingga kebutuhan logistik hasil panen.

Acara ditutup dengan penyampaian Laporan Gelar Potensi sekaligus mengumumkan pemenang lomba mewarnai serta lomba stan UMKM, Gapoktan dan Bank Sampah yang masing-masing mendapat hadiah berupa uang pembinaan. Dengan adanya gelar potensi diharapkan masyarakat dapat mengetahui potensi yang ada di wilayah Umbulharjo.