KEMANTREN UMBULHARJO PERKUAT PELAYANAN POSYANDU DENGAN WORKSHOP MANAJEMEN POKJANAL

Kemantren Umbulharjo baru saja menyelenggarakan Workshop Management Pokjanal Posyandu Kemantren yang berlangsung di Pendopo Kemantren Umbulharjo (23/08/2024). Acara ini dihadiri oleh 35 peserta dari berbagai elemen penting dalam pengelolaan Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) Posyandu Kemantren dan Pokja (Kelompok Kerja) Posyandu Kelurahan. 

Dalam sambutannya, Mantri Pamong Praja Umbulharjo mengungkapkan harapannya agar workshop ini dapat memperluas pengetahuan peserta dan diterapkan dalam pengelolaan Pokjanal dan Pokja Kelurahan. “Semoga kegiatan ini dapat membantu memaksimalkan operasional posyandu di wilayah kita,” ujarnya.

Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 52 Tahun 2024 menegaskan bahwa Posyandu akan menjadi lembaga kemasyarakatan kelurahan yang berperan dalam peningkatan pelayanan kesehatan dan bidang lainnya sesuai dengan kebutuhan lokal. Sehingga dalam workshop ini membahas berbagai kebijakan terkait Posyandu dalam Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer serta implementasi ILP (Integrasi Layanan Primer) di Kota Yogyakarta. Fokus utama dari workshop ini adalah pemahaman dan penerapan kebijakan terbaru yang mendukung pengelolaan Posyandu secara lebih terintegrasi. Pada kegiatan ini hadir pula  Herristanti, S.Psi. dari DP3AP2KB menjelaskan mengenai tugas pokok dan fungsi Pokjanal Posyandu Kemantren dan Pokja Posyandu Kelurahan. Selain itu, drg. Arumi Wulansari, M.P.H. dari Dinas Kesehatan membahas Kebijakan Posyandu dalam Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer dan rencana tahun 2025 mengenai sosialisasi seluruh kader posyandu di wilayah terintegrasi. Hal ini sejalan dengan peraturan walikota yang disahkan mengenai posyandu berbasis RW, di mana satu RW hanya akan memiliki satu nama posyandu. 

Workshop ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam mengenai kebijakan terbaru dan implementasi ILP, serta memperkuat sinergi antar lembaga dalam pengelolaan Posyandu. Dengan adanya kebijakan dan peraturan yang mendukung, diharapkan layanan kesehatan kepada masyarakat di Kemantren Umbulharjo dapat berjalan lebih efektif dan terintegrasi.