Menang Lomba Administrasi Pokja Posyandu 2022 Lingkup Kemantren Umbulharjo, Kelurahan Pandeyan Maju Ke Tingkat Kota Yogyakarta

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) adalah salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat. Penyelenggaraan posyandu bertujuan untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Hal ini dimaksudkan sebagai dasar mempercepat penurunan  angka kematian ibu dan bayi.

Pada tahun ini melalui surat dari TP PKK Kota Yogyakarta yang semula direncanakan  adanya lomba KKG KB dan Kesehatan  diganti menjadi Lomba Administrasi Posyandu Tingkat Kota Yogyakarta tahun 2022, dimana nantinya akan ada satu Kelurahan yang menjadi perwakilan Kemantren. Awal Juli 2022 Kemantren Umbulharjo mendapat surat pemberitahuan lomba, selanjutnya diadakan rapat pertemuan antar Kelurahan dan Kemantren yang hasilnya disosialisasikan ke semua RW Kemantren Umbulharjo. Kategori yang dinilai adalah administrasi Pokja Posyandu antar kelurahan di Kemantren Umbulharjo. 

(26/07/2022) di ruang rapat Umbultirto Kemantren Umbulharjo sesuai Surat Keputusan Mantri Pamong Praja Umbulharjo pemenang Lomba Administrasi Pokja Posyandu tahun 2022 Tingkat Kemantren Umbulharjo sekaligus mewakili ke Tingkat Kota Yogyakarta adalah Kelurahan Pandeyan. Hal ini telah dinilai secara adil baik dari segi cakupan data paling lengkap, inovasi ataupun partisipasi kader yang paling tinggi. Hal ini sejalan dengan tujuan dari lomba yaitu untuk merevitalisasi posyandu.
Kemantren Umbulharjo memiliki 92 Posyandu pada 7 Kelurahan, lomba ini sekaligus menjadi pendorong bagi posyandu lainnya agar dapat mewujudkan posyandu yang tertib dan lengkap administrasi. Diharapkan Kelurahan Pandeyan dapat memaksimalkan pengisian data secara lengkap dan akurat agar bisa masuk 5 besar tingkat Kota Yogyakarta.