Workshop Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman Kemantren Umbulharjo Tahun 2023

(18/07/2023) Kemantren Umbulharjo mengadakan Workshop Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di Pendopo Kemantren Umbulharjo, Selasa (18/7). Kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan pemahaman terhadap konsumsi pangan yang mengacu B2SA. Peserta workshop sejumlah 40 orang terdiri dari TP PKK Kemantren, TP PKK Kelurahan dan Peserta Lomba B2SA perwakilan masing-masing tiap kelurahan se-Kemantren .

Kegiatan Workshop Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dibuka oleh Ibu Heny Candra Dewi, ST, M.Eng. selaku Kepala Jawatan Umbulharjo yang mewakili Mantri Pamong Praja. Hadir sebagai Narasumber workshop yaitu Bapak Setyo Prasiyono Nugroho, S. St., M. Sc dari STP AMPTA Yogyakarta dan Ibu Tolok Triasih dari Pokja 3 TP PKK Kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya Ibu Heny Candra Dewi, ST, M.Eng. menyampaikan pesan kepada seluruh peserta workshop untuk dapat menggali ilmu dengan sebaik-baiknya dari para narasumber yang kompeten sehingga dapat diterapkan dilingkungannya.

Selanjutnya dalam pemaparannya Bapak Setyo menjelaskan terkait materi Pangan B2SA. Pangan B2SA adalah aneka ragam bahan pangan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang dikonsumsi dalam jumlah seimbang untuk memenuhi kecukupan gizi yang seimbang pula.

Pada sesi berikutnya, Ibu Tolok juga menyampaikan materi bagaimana pentingnya menu B2SA yang bersumber dari pangan lokal. Bahwasannya ketahanan pangan lokal merupakan tanggung jawab kita semua, banyak sekali potensi di sekitar rumah yang kaya akan gizi untuk dijadikan bahan menu sehari-hari.

Kegiatan Workshop sampai dengan akhir acara berjalan dengan lancar, peserta sangat antusias dengan materi menarik yang disampaikan oleh Narasumber. Menu makan siang yang disajikan merupakan salah satu menu yang mengacu B2SA.