ISTIMEWA !! KEMANTREN UMBULHARJO RAIH KEMANTREN/KAPANEWON TERBAIK 1 DALAM KOMPETISI BAHASA DAN SATRA DIY 2024

Bertempat di Pendopo Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) DIY sore hari (29/08/2024) Mantri Pamong Praja Umbulharjo menerima plakat kejuaraan Kemantren/Kapanewon Terbaik 1 dalam Kompetisi Bahasa dan Satra DIY 2024 yang diserahkan langsung oleh kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) DIY. Penghargaan tersebut diberikan atas berhasilnya pengiriman kontingen dari wilayah Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta dalam kompetisi ini  memiliki poin yang paling banyak dan berkualitas yang telah terjaring di kompetisi tingkat Kabupaten/Kota sebelumnya.

Kompetisi Bahasa & Sastra 2024 telah berlangsung dengan sukses di Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) DIY. Kompetisi yang berlangsung pada tanggal 27-29 Agustus 2024 ini menghadirkan Peserta dari hasil seleksi cermat dari Kompetisi Bahasa & Sastra di tingkat kabupaten/kota, yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan kabupaten/kota pada bulan Juli lalu. Mereka adalah yang terbaik dari yang terbaik, dan telah melewati serangkaian seleksi yang ketat, penuh perjuangan, untuk bisa berkompetisi di tingkat DIY. Seleksi ketat dan persaingan sengit pada tahap ini menunjukkan betapa berkualitasnya kontingen yang berkompetisi. 

Kontingen dari Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta, terdiri dari 13 peserta yang telah meraih juara di tingkat Kota Yogyakarta dan dikirim untuk berkompetisi di tingkat DIY. Nama-nama yang berprestasi termasuk Salma Nafisa Fauziyah, Tectonicha Rizky Salsabila, Ardisa Meirasari Kristunjung, Michelle Rizky Yuditha, Aliya Nirwasita Wibowo, Athanasia Maria Meinada Surya Suci, Kinaya Aisyatul Hanifah, Brilyana Respati Wijayasari G, Afif Hezaputra, Medina Kamil Putri Hersta, dan RM Radin Suryoatmojo.
Berikut adalah hasil prestasi dari kontingen Kemantren Umbulharjo pada Kompetisi Bahasa dan Sastra Tingkat DIY 2024:
•    Juara 1 Macapat Remaja: Aliya Nirwasita Wibowo
•    Juara 3 Alih Aksara Dewasa: Michelle Rizky Yuditha
•    Juara 3 Maca Crita Cekak Remaja: Medina Kamil Putri Hersta
•    Juara 3 Maca Geguritan Remaja: Brilyana Respati Wijayasari G
•    Juara Harapan 1 Alih Aksara Remaja: Ardisa Meirasari Kristunjung
•    Juara Harapan 2 Maca Crita Cekak Remaja: Afif Hezaputra

Banyaknya peserta yang mewakili kontingen Kemantren Umbulharjo didukung dengan berhasilnya publikasi pengumuman kompetisi ini yang melibatkan lembaga dan tokoh masyarakat sehingga bias tersebar luas dan banyak yang berpartisipasi untuk mendaftar sehingga ditemukan peserta-peserta  yang berprestasi. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi para peserta serta dukungan penuh dari seluruh pihak di Kemantren Umbulharjo. Keberhasilan ini tidak hanya menunjukkan keunggulan individu, tetapi juga menggambarkan kualitas pendidikan dan pembinaan bahasa serta sastra di wilayah tersebut. Kemantren Umbulharjo sekali lagi membuktikan komitmennya dalam memajukan budaya dan sastra lokal melalui prestasi ini. Dengan pencapaian tersebut, diharapkan akan semakin banyak generasi muda yang terinspirasi untuk terus mengejar kesuksesan dalam bidang bahasa dan sastra.